Keutamaan Doa Akhir Majelis dan Artinya

Keutamaan Doa Akhir Majelis dan Artinya

Doa akhir majelis dan artinya mempunyai banyak keutamaan bagi setiap orang yang senantiasa membacanya. Berikut adalah 10 keutamaan bacaan setelah selesai pengajian. 

  1. Menggugurkan Dosa

Keutamaan pertama dari bacaan yang kerap disebut sebagai doa kafaratul majelis adalah menghapus dosa. Dari Abu Barzah Al-Islamy, Rasulullah saw. ketika hendak meninggalkan majelis berdoa dengan bacaan berikut.

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu an-laa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilayk. 

Artinya, Mahasuci Engkau Ya Allah dan segala puji hanya bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau dan memohon ampunan serta tobat kepada-Mu. 

Dikatakan oleh Rasulullah saw., doa tersebut merupakan kafarah atau penghapus dosa yang terjadi di majelis. 

  1. Menjadikan Ilmu Lebih Bermanfaat

Keutamaan kedua dari bacaan doa akhir majelis dan artinya adalah menjadikan ilmu yang didapat dari pengajian lebih bermanfaat. Hadis Riwayat Abu Daud Nomor 4855 menyebut, kaum yang bangkit dari pengajian tanpa mengingat Allah serupa dengan bangkai keledai. 

Sehingga akan menjadi penyesalan di hari kiamat saja. Maksudnya, setiap orang yang keluar majelis akan merugi karena apa-apa yang didapat dalam pengajian tidak diakhiri dengan mengingat Allah. 

  1. Memudahkan Jalan Menuju Surga

Islam memandang para pencari ilmu dengan derajat yang sangat tinggi. Karena itu, terdapat banyak hadis tentang pentingnya ilmu hingga keistimewaan untuk para pencari ilmu. 

Dalam Hadis Riwayat Muslim disebutkan bahwa muslim yang melakukan perjalanan untuk mencari ilmu akan dimudahkan jalannya menuju surga. 

  1. Menguatkan Keimanan dan Ketakwaan

Keutamaan lain dari bacaan kafaratul majelis adalah menguatkan keimanan dan Ketakwaan dalam diri seorang muslim. Setiap muslim disunnahkan membaca bacaan ini agar selalu dirahmati dengan nikmat iman. 

Seperti diketahui, kegiatan di majelis terkadang tidak sekadar mendengarkan kajian. Namun, tidak sedikit mustami’ atau jamaah menggunakan saat-saat di majelis untuk mengobrol yang tidak bermanfaat. 

Dalam Hadis Riwayat Tirmidzi Nomor 3433, doa akhir majelis ini dianjurkan untuk dibaca agar dosanya gugur dan imannya bertambah. 

  1. Menenangkan Jiwa

Dalam surah Ar-Raad ayat 28, Allah berfirman bahwa hanya dengan mengingat Allah, hati dan jiwa bisa tenteram. Membaca doa akhir majelis dan artinya ini merupakan salah satu cara bagi muslim untuk mengingat Allah. 

  1. Menambah Rahmat dan Kebaikan

Berdoa merupakan salah satu kegiatan yang diwajibkan dalam Islam. Bahkan, dalam Al-Qur’an surah Al-Mu’min ayat 60, Allah meminta agar hamba-Nya senantiasa meminta hanya pada-Nya. 

Bacaan penutup majelis serupa dengan bacaan zikir ataupun doa-doa lainnya. Sehingga, akan memberikan nilai-nilai positif dalam berbagai hal di kehidupan manusia. 

  1. Mendapatkan Kemudahan dan Kelancaran

Doa merupakan penghubung antara hamba dan Tuhan-nya sehingga dengan bacaan yang baik itu, seorang manusia bisa mendapat banyak kebaikan. Salah satunya selalu dimudahkan dan dilancarkan setiap urusan yang tengah dihadapinya. 

  1. Mendapat Penjagaan oleh Allah

Setiap orang tahu bahwa manusia tidak lepas dari penjagaan Allah swt.. Namun, penjagaan bagi orang-orang yang membaca doa akhir majelis lebih utama. 

Dikatakan Rasulullah saw., Allah sangat tergantung pada prasangka hamba-Nya dan Allah bersama orang-orang yang senantiasa berdoa pada-Nya. 

Nah, itulah beberapa keutamaan dari membaca doa akhir majelis dan artinya. Meskipun doanya singkat, tetapi keutamaannya begitu banyak sehingga sangat sayang jika tidak dibaca setiap selesai kajian.


Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *