Hadist Tentang Sedekah dan Waktu yang Tepat untuk Bersedekah

Hadist Tentang Sedekah dan Waktu yang Tepat untuk Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu perbuatan baik yang bisa dilakukan kapan saja. Bersedekah dilakukan untuk membersihkan harta dan membatu orang lain yang kesusahan. Bersedekah memiliki manfaat yang sangat banyak. 

Selain itu, bersedekah juga bisa melipat gandakan pahala dan membuka jalannya rezeki. Namun, menurut hadist tentang sedekah, ada waktu-waktu yang tepat untuk melaksanakan sedekah supaya mendapatkan manfaat dan keutamaan yang sangat baik. 

Bersedekah bagi umat Muslim merupakan suatu hal yang sunnah. Namun, jika dikerjakan akan mendapatkan banyak sekali manfaat. 

Dalam bersedekah, hal yang paling penting adalah keikhlasan dan tidak mengharapkan suatu imbalan. Bagi Anda yang ingin bersedekah, Anda bisa melakukannya pada waktu-waktu yang tepat menurut hadist.


Waktu yang Tepat untuk Bersedekah

Meskipun bersedekah bisa dilakukan setiap saat, namun dengan melakukannya pada saat-saat yang tepat, Anda akan mendapatkan keutamaan bersedekah berlipat-lipat ganda.

  • Pada masa sulit dan krisis

Waktu yang tepat untuk bersedekah yang pertama yaitu pada masa-masa sulit ataupun krisis. Misalnya yaitu pada saat terjadi suatu bencana, ketika pandemi ataupun ketika waktu yang membuat kebutuhan hidup menjadi sulit. 

Bersedekah diwaktu krisis akan sangat membantu orang-orang yang membutuhkan. Hal ini dijelaskan pada Al-Qur’an yang isinya: 

“Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? Yaitu melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan” (QS. Al-Balad ayat 11-14).

Baca juga: 9 Hadits Tentang Sholat Wajib dan Keutamaannya

  • Awal Bulan Dzulhijah

Bersedekah juga sangat baik dilakukan pada awal bulan Dzulhijjah tepatnya pada sepuluh hari pertama. Pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang sangat baik untuk menjalankan ibadah. 

Salah satu amal baik berupa sedekah yang bisa dilakukan yaitu berkurban. Tak hanya itu saja, awal bulan Dzulhijjah juga merupakan hari yang istimewa sehingga ketika seseorang melaksanakan sedekah maka akan diberikan pahala dan keberkahan yang berlipat ganda.

Hal ini diriwayatkan dalam suatu hadist, dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda yang artinya “tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah”

  • Pada Bulan Ramadhan

Waktu yang tepat untuk melakukan amal baik yang lainnya yaitu pada saat bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan suci dimana seluruh umat Muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan dan memperbanyak amal sholeh. 

Pada saat bulan Ramadhan, Allah melipat gandakan pahala siapapun yang melakukan kebaikan. Bersedekah pada saat bulan Ramadhan bisa memberikan banyak sekali manfaat. 

Mulai dari menghapuskan dosa, membuka pintu surga untuk siapa saja yang bersedekah hingga memberikan ketenangan jiwa dan hati. Memberikan sedekah pada saat bulan Ramadhan juga bisa memberikan keberkahan pada harta yang dimiliki. 

Pada saat akhir bulan Ramadhan, seluruh umat Islam juga diharuskan melaksanakan sedekah yang bersifat wajib yaitu Zakat.

  • Pada Hari Jum’at

Rasulullah SAW bersabda “Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jum’at. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari Surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali hari jum’at.” Hadist Riwayat Muslim No. 2912.

Sebagaimana disebutkan dalam hadist tersebut, tak sedikit orang Muslim yang berlomba-lomba bersedekah dan berbuat baik pada hari jum’at. Karena hari jum’at merupakan hari yang paling baik sehingga menjadi waktu yang tepat untuk berbagi dan berbuat baik kepada sesama. 

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah ini Wajib Kamu Baca!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *