Fakta Menarik Kucing Muezza Rasulullah

Fakta Menarik Kucing Muezza Rasulullah

Kucing Muezza Rasulullah lucu dan penyayang. Pada umumnya semua orang menyukai kucing. Hal tersebut dikarenakan kucing memiliki tingkah lucu dan menggemaskan. Dalam Islam sendiri kucing termasuk hewan istimewa. Seperti yang diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW sangat mencintai kucing. Bahkan beliau memelihara satu kucing di rumahnya. Kucing tersebut beliau beri nama Muezza. Muezza merupakan kucing istimewa kesayangan Nabi Muhammad SAW. Terdapat beberapa fakta menarik mengenai Muezza. Apakah saja itu? Berikut Fakta Menarik Kucing Muezza Rasulullah antara lain : 

  1. Nama Muezza memiliki makna indah di dalamnya

Seperti yang diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki satu kucing peliharaan bernama Muezza. Beberapa orang pasti penasaran mengapa Rasulullah menamai kucingnya dengan nama Muezza. Makna dari nama Muezza dinilai cukup indah. Nama Muezza diambil dari bahasa arab Mu’izza. Nama Muezza berarti ‘yang berharga’. Hal tersebut menggambarkan betapa berharganya Muezza bagi Nabi Muhammad SAW. 

  1. Ras dari kucing Muezza

Beberapa orang penasaran dengan ras dari Muezza. Pada umumnya Muezza merupakan kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW. Tidak ada satu pun orang mengetahui wujud dan ras dari kucing Muezza. Menurut beberapa orang Muezza adalah kucing ras domestik dengan lambang M di dahinya. Namun beberapa orang juga beranggapan bahwa Muezza merupakan kucing ras turkish anggora berwarna putih. Perbedaan pendapat tersebut membuat ras dari Muezza diperdebatkan hingga sekarang.

  1. Mulai dipelihara selama pertempuran Uhud

Sebuah kisah mengatakan bahwa Muezza telah dipelihara oleh Rasulullah selama pertempuran Uhud. Pertempuran Uhud sendiri merupakan perang kedua yang terjadi antara umat muslim di Madinah dengan kaum Quraisy. Pertempuran Uhud terjadi pada 3 Hijriyah atau sekitar 625 Masehi. Selama itu Muezza dirawat oleh Rasulullah dengan penuh kasih sayang. Selama dipelihara, Rasulullah selalu memberikan sebuah elusan di tubuh Muezza sebagai bentuk kasih sayangnya.

  1. Muezza merupakan hewan terbebas dari najis

Secara umum kucing merupakan hewan istimewa suci. Karena itulah Muezza termasuk hewan terbebas dari najis. Di dalam Islam kucing telah dikagumi karena kebersihannya. Karena itulah kucing dibebaskan untuk keluar masuk masjid. Menurut Nabi Muhammad SAW Muezza dianggap memiliki jilatan bersifat suci dan bersih. Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah wudhu menggunakan air bekas minum Muezza.

  1. Muezza selalu mengeong saat mendengar lantunan adzan

Muezza digambarkan sebagai kucing istimewa Nabi Muhammad SAW. Pasalnya Muezza memiliki sifat unik. Hal tersebut dikarenakan Muezza akan mengeong setiap dia mendengar lantunan azan. Sifat Muezza inilah yang sangat disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Saat adanya azan Muezza seolah – olah sedang menjawab panggilan sholat. Bahkan Muezza mengeong mengikuti suara lantunan azan.

  1. Rasa cinta Rasulullah kepada Muezza sangatlah besar

Semua umat muslim tahu bahwa Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi kucing. Muezza menjadi salah satu kucing yang sangat dicintai oleh Nabi Muhammad SAW. Pasalnya rasa cinta Rasulullah kepada Muezza setara dengan rasa cinta beliau kepada keluarganya. Bahkan terdapat banyak kisah yang menceritakan mengenai rasa cinta Nabi Muhammad SAW kepada Muezza. 

  1. Rasulullah sangat menjaga hak hidup Muezza

Nabi Muhammad SAW dikenal sangat menjaga hak hidup Muezza. Beliau mengatakan bahwa seseorang dengan hobi menyakiti kucing atau hewan lain kelak akan mendapatkan siksa di neraka. Karena itulah seorang muslim diwajibkan untuk memberikan makanan dan minuman terhadap hewan lain. Barang siapa yang melakukan kedua kewajiban tersebut niscaya dia akan mendapatkan pahala.

Fakta Menarik Kucing Muezza Rasulullah adalah sumber ilmu yang berharga. Sayangilah kucing Anda seperti Rasulullah menyayangi Muezza. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *