mengenal keutamaan-keutamaan manfaat sedekah subuh

mengenal keutamaan-keutamaan manfaat sedekah subuh

Sedekah subuh merupakan salah satu amalan yang mengantarkan umat Muslim untuk menuju surga Allah. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui manfaat sedekah subuh yang juga akan membuat kita mendekatkan diri kepada Allah serta akan bermanfaat untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dengan membantu kaum yang lemah dalam hal ekonomi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sedekah bisa kita lakukan kapan saja. Namun, banyak ulama yang berpendapat mengenai manfaat sedekah subuh dimana subuh merupakan waktu terbaik untuk mengeluarkan harta di jalan Allah. Sedekah subuh merupakan waktu terbaik sebelum matahari terbit.

Sementara itu, untuk melakukan sedekah subuh secara tepat, maka perlu diingat bahwa waktu paling tepat untuk melakukannya ialah ketika sudah melaksanakan shalat subuh. Hal ini bisa dilakukan dengan memasukkan sedekah ke kotak amal. Sementara itu, untuk sedekah subuh kita tidak perlu mencari anak yatim dan mencari orang yang membutuhkan. Jadi, sedekah subuh bisa kita lakukan cukup dengan menyiapkan kotak amal maupun dari kaleng atau botol. Sedekah subuh sendiri memiliki keutamaan yang dahsyat bagi umat muslim dimana salah satunya adalah bisa mengabulkan hajat umat muslim serta masih banyak lagi lainnya. Sementara itu, berikut ini pemaparan mengenai berbagai keutamaan mengenai shalat subuh. Dalam waktu satu hari, subuh menjadi waktu yang paling utama untuj bersedekah maka dari itu inilah penjelasan mengenai keutamaan manfaat sedekah subuh.

1. Dua Malaikat datang mendoakan

Ketika seseorang bersedekah di waktu subuh, maka ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan. Salah satunya ialah pada waktu subuh ini akan ada dua malaikat yang mendoakan amalan kita. Rasulullah bersabda:

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah).

Berdasarkan hadist tersebut, maka terlihat bahwa barangsiapa yang memutuskan untuk memberikan hartanya, maka ia akan dioakan oleh malaikat sehingga rejekinya menjadi lancar dan berkah. Sementara itu, apabila seseorang enggan bersedekah, maka ia akan ditahan juga rezekinya.

2. Dikabulkan permintaannya

Sementara itu, salah satu keutamaan lain pada sedekah subuh ialah permintaan kita yang dikabulkan. Bersedekah pada subuh sekaligus diiringi dengan doa dapat membuat permintaan kita terkabul serta membuat rejeki lancar. Selain itu, manfaat sedekah subuh juga terlihat pada diangkatnya penyakit serta dipermudah dalam segala urusan.

3. Dihapuskan dosanya

Manfaat sedekah subuh lainnya yang dapat dirasakan oleh umat muslim ialah bisa menghapus dosa serta memberikan rasa tenang pada hati setiap orang yang melakukannya. Hal ini sebagaimana yang sudah disebutkan dalam hadist sebagai berikut:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR Tirmidzi)

4. Harta menjadi berkah

Pada dasarnya, kita tidak boleh takut untuk bersedekah, apalagi sampai berpikir bahwa harta kita akan berkurang karena sedekah. Soalnya, memberikan sedekah subuh pada orang-orang yang membutuhkan akan membuat harta kita semakin berkah. Artinya, harta yang kita berikan akan diganti berlipat-lipat oleh Allah SWT. Walaupun begitu, perlu diingat bahwa sedekah harus dilakukan secara tulus dan ikhlas agar amalannya dapat diterima dengan baik. Jangan sampai kita bersedekah karena berpikir bahwa kita akan mendapatkan imbalan berlipat dariNya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *