Inilah Kecanggihan Omron, Robot Yang Bisa Menemani Bermain Ping Pong

Inilah Kecanggihan Omron, Robot Yang Bisa Menemani Bermain Ping Pong
Canggihnya Mobile Robot Omron

Semua orang pasti sangat familiar dengan kata ‘robot’. Ketika mendengar kata tersebut, kebanyakan orang akan langsung terbayang robot seperti di film transformer atau terminator.

Namun sebenarnya, robot sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari. Peralatan di rumah seperti blender juga bisa disebut sebagai robot.

Sebenarnya robot sudah lama dikenal dan digunakan oleh manusia.  Robot pada saat itu, sering digunakan untuk membantu kegiatan perindustrian.

Misalnya untuk melakukan pekerjaan seperti mengelas produk otomotif.

Sekarang ini robot banyak dikembangkan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Tak hanya untuk membantu pekerjaan industri, robot juga dikembangkan di berbagai aspek kehidupan lainnya.

Misalnya aspek kehidupan di bidang kesehatan. Selain itu, robot juga bisa difungsikan untuk berlatih olahraga.

Omron sendiri telah memproduksi robot bernama Forpheus. Yaitu robot ping pong yang siap menemani Anda untuk bermain ping pong.

Sesuai fungsinya, robot Forpheus hanya bisa digunakan untuk bermain ping pong. Robot tersebut tidak bisa memindahkan barang atau diajak berbicara. Tampilannya juga tidak seperti tubuh manusia. Melainkan lebih mirip dengan bentuk laba-laba.

Omron merupakan salah satu industri robot. Baru-baru ini, Omrom meluncurkan mobile robot. Mobile robot tersebut memiliki Seri LD dengan teknologi AI. Mobile robot seri LD adalah robot yang termasuk ke dalam jenis Autonomus Intellligent Vehicles (AIV).

AIV dikenal memiliki efisiensi tinggi serta hemat biaya. Teknologi mobile robot merupakan bagian dari pengembangan transportasi barang.

Dapat digunakan selama seharian penuh, yaitu salama 24 jam. Mobile robot juga memmiliki navigasi mandiri. Jadi risiko kecelakaan kecil, meski dioperasikan di tempat yang dinamis.

Kehadiran mobile robot ini dapat mempermudah pekerjaan di perindustrian. Sehingga para pekerja tidak perlu melakukan pekerjaan yang melelahkan.

Seperti mengangkat atau memindahkan barang-barang berat. Mobile robot yang dilengkapi dengan teknologi AI, memiliki kemampuan untuk memindahkan barang yang efektif.

Dengan teknologi AI tersebut, mobile robot ini mampu bergerak bebas, memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya, tanpa adanya tabrakan.

Karena mobile robot tersebut mampu memprediksi jalur efektif untuk memidahkan barang. Mobile Robot Omron mampu untuk memindahkan stok barang dalam fasilitas yang besar.

Karena kapasitasnya juga besar. Mampu mengangkut barang dengan berat hingga 130 kg. Berbeda dengan mobile robot berteknologi Automatic Guided Vehicle (AGV).

Mobile Robot Omron mampu bernavigasi sendiri. Mobile Robot Omron juga tidak memerlukan magnet lantai atau garis penanda maupun sinyal rambu untuk beroperasi.

Lajur pengangkutan barang bisa dimodifikasi dengan mudah. Risiko kecelakaan tertabrak dengan manusia atau benda lainnya pun sangat kecil.

Karena Mobile Robot Omron telah dilengkapi dengan sistem navigasi mandiri. Jadi, Mobile Robot Omron tidak akan menabrak apapun, meski dioperasikan di tempat yang ramai.

Selain itu, Mobile Robot Omron juga memiliki kecerdasan on board. Sehingga mampu melewati berbagai rintangan.

Kecerdaasan tersebut juga mampu menentukan jalur efektif untuk memindahkan barang. Dalam satu armada, dapat dioperasikan maksimal seratus unit mobile robot.

Interaksi dengan mobile robot tersebut dilakukan melalui software, seperti Manufacturing Execution Servicec (MES) atau Warehouse Management System (WMS).

Kehadiran mobile di perindustrian mungkin memberikan efek negatif bagi sebagian orang. Jika dipikirkan dengan adanya mobile robot, industri tidak akan memerlukan banyak pekerja.

Sehingga lapangan pekerjaan tidak tersedia bagi masyarakat. Jika berpikir secara kreatif, sebenarnya kehadiran mobile robot ini juga memiliki sisi positif.

Dimana pekerja tidak perlu melakukan pekerjaan yang melelahkan dan membosankan. Sehingga pekerja bisa melakukan pekerjaan lain di bidang kreatif.


Bagi kalian yang ingin update seputar berita terkini ataupun informasi menarik lainnya, silahkan kunjungi terus Matadjurnal.com.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *