Ini Dia Novel Terbaik di Indonesia, Harus Baca!

Ini Dia Novel Terbaik di Indonesia, Harus Baca!

Inilah Daftar Novel Terbaik di Indonesia

Sumber: Jasa Website Cilegon

Dari dulu hingga sekarang minat baca buku di Indonesia semakin banyak, para peminat buku novel pun sangat beragam. Sehingga membuat para penulis novel semakin semangat dalam membuat karya.

Saat ini sudah banyak sekali buku-buku novel karya anak bangsa yang sudah mendunia dan tentunya menjadi incaran bagi para penggemar.

Seperti penulis kenamaan asal Indonesia yang bernama Tere Liye dan Dee lestari yang kembali menjadi perhatian publik berkat karya-karya yang mereka tulis “come back” menduduki peringkat dengan judul terbanyak.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas deretan novel terbaik Indonesia. Tanpa banyak panjag lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

5 Novel Terbaik Karya Anak Bangsa

1. Kekasih Musim Gugur – Laksmi Pamuntjak

Sumber: Goodreads

Buku ini bercerita mengenai seorang perempuan yang memiliki nama Srikandi, ia juga kerap disapa Siri (nama kecilnya).

Siri memutuskan tinggal di berlin untuk menghindari dari masa lalu keluarganya, ia baru tahu jika ayah kandungnya punya masa lalu yang kelam dan selain ini Siri merasa ayahnya adalah orang Jerman.

Srikandi terpaksa harus pergi ke Jakarta karena menadapatkan kabar mengejutkan. Ia menemukan banyak realita pedih dari keluarganya, ditambah lagi masalah komplek antara seni rupa, sejarah, politik dan pelanggaran asusila.

2. Rapijali – Dee Lestari

Sumber: Mizanstore.com

Buku novel berjudul Rapijali mengisahkan seorang remaja bernama Ping yang tinggal di tepi sungai Cijulang bersama sang kakek degan rumah yang penuh dengan alat musik.

Meskipun ia mempunyai bakat dalam bidang musik, namun diam-diam ia merasa gelisah tentang nasib masa depannya yang buram.

Hidup Ping jungkar balik ketika ia harus pindah rumah ke daerah Jakarta dan tinggal bersama keluarga calong Gubernur. Ia pun harus menghadapi sekolah baru, teman baru dan tangtangan baru lainnya.

Baca juga: Ini 6 Lagu Trending di Tiktok, Sering Jadi Backsound Video

3. Wingit – Sara Wijayanto

Sumber: Gramedia Digital

Bagi kalian yang suka dengan genre horor, wajib kalian coba membaca buku berjudul Wingit karya Sara Wijayanto ini. Selain mendapatkan title best seller di pasaran, buku ini juga menceritakan sebuah kisah tujuh hantu yang pernah Sara Wijayanto temukan dengan tim/kru nya.

4. Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam – Dian Purnomo

Sumber: Goodreads

Novel karya Dian Purnomo ini mengangkat seputar isu kekerasan yang memberikan gambaran seputar tradisi kawin tangkap bisa disalahgunakan serta merugikan pihak perempuan. 

Menariknya lagi, ternyata novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam ini diangkat dari berbagai kisah nyata para penyintas kawin tangkap. 

Mengenai alur ceritanya, novel tersebut mengisahkan sosok perempuan bernama Magi Diela yang memiliki cita-cita untuk membangun kampung halamannya di daerah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Demi mewujudkan cita-citanya, Magi bekerja sebagai tenaga honorer di Dinah Pertanian Sumba. 

Akan tetapi, impiannya tersebut harus sirna karena Magi diculik serta dipaksa untuk mengikuti tradisi kawin tangkap. 

5. Wingit – Sara Wijayanto

Sumber: Tokopedia

Novel karya Sara Wijayanto ini mengusung genre horror yang pertama kali diterbitkan pada akhir tahun 2020. Meski menyeramkan, namun novel tersebut terbilang cukup populer. Bahkan, novel Wingit berhasil menyandang title best seller di Indonesia lho. 

Novel ini diangkat dari kisah yang dialami Sara Wijayanto bersama timnya saat menulusuri dunia mistis. Dibalik cerita horornya, ternyata tersimpan pesan moral pada setiap kisah hidup para makhluk gaib yag pernah ditemuinya. 

Adapun beberapa kisah tragis dari sosok Ningsih, Marni (si penari ronggeng era 1900an), Rahma (seorang ibu tunggal yang berjuang membesarkan kedua anak kembarnya), dan masih banyak lagi. 

Baca juga: IDN App: Kini User Tidak Ketinggalan Berita Viral

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *