Ditantang Amien Rais, Berikut Respon Jokowi Terkait Pemilihan Presiden 2019

Ditantang Amien Rais, Berikut Respon Jokowi Terkait Pemilihan Presiden 2019
Ditantang Amien Rais, Berikut Respon Jokowi
Amien Rais baru-baru ini melayangkan tantangan terhadap Presiden Indonesia, Joko Widodo. Amien Rais menantang Jokowi untuk bersaing secara gentle di pemilihan presiden 2019 kelak. 
Presiden Jokowi memberikan respon positif terhadap rencana Amien Rais untuk maju menjadi calon presiden tahun 2019. 
Menurut Jokowi, Amien Rais akan menambah variasi pilihan di pemilihan presiden. Sehingga pilihan masyarakat jadi bertambah. 
“Saya kira sangat bagus untuk memberikan alternatif pilihan-pilihan dalam rangka pilpres ke depan,” Kata Jokowi ketika diwawancarai di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, tanggal 12 Juni 2018 lalu.
Amien Rais berkata jika ia benar-benar siap untuk melawan Jokowi di pemilihan presiden 2019 nanti. Ia telah siap untuk mengalahkan Jokowi secara konstitusional.
“Jadi Saya menantang Pak Jokowi, mari kita bertanding secara fair. Mari kita duel secara gentle yakni dengan cara demokratis dan konstitusi.
”Ujar Amien Rais saat ada acara Tausyiah Kerakyatan 2019 Indonesia Pasca Jokowi, di Kampung Akuarium, Penjaringan Jakarta Utara,  tanggal 9 Juni 2018.
Jokowi tidak meragukan kemampuan yang dimiliki oleh Amien Rais. Karena Amien Rais sendiri merupakan senior politik di negara ini. 
Tentang kapabilitas dan kemampuan memimpin Amien Rais pun tak perlu diragukan, karena ia pernah menjadi pimpinan MPR, salah satu lembaga tertinggi di negeri ini. 
Tentu saja, Amien Rais sudah memiliki pengalaman yang banyak. “Rekam jejak beliau juga saya kira enggak ada yang meragukan,” Imbuh Jokowi.
Amien Rais meminta Jokowi untuk menemuinya di rumahnya di Yogyakarta. Amien Rais mengatakan bahwa ia akan mendengarkan pendapat Jokowi tentang bangsa dan negara. 
Permintaannya tersebut ditanggapi dengan baik oleh Jokowi. Meski ada pihak yang merasa kurang pas jika Jokowi medatangi Amien Rais di rumahnya.
Karena jika ingin bertemu presiden, seharusnya pertemuan diadakan di istana kepresidenan. Meskipun demikian. 
Ali Mochtar Ngabalin, selaku Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) mengatakan bahwa, Jokowi tengah mencari waktu yang pas untuk menemui Amien Rais. 
“Presiden sedang mencari waktu yang tepat. Presiden akan melakukan silaturahmi dan berkunjung dengan siapa saja. 
Sama seperti dia lakukan kepada Pak Prabowo, berkunjung kepada Pak Habibie, berkunjung kepada tokoh-tokoh yang lain”
Jokowi kini sedang mengatur tanggal yang tepat untuk menemui Amien Rais. Rencananya, pertemuan dengan Amien Rais akan dilakukan usai lebaran 2018. 
“Kita masih mengatur waktunya,” Kata Jokowi. Amien Rais sendiri selalu siap untuk menyambut Jokowi di kediamannya. 
“Rumah saya 24 jam terbuka,” Kata Amien Rais. “Kapan pun akan saya sambut, kalau saya diberi tahu, saya akan sambut,” Imbuhnya. 
Sebelum itu, Amien Rais mengatakan bahwa ada pihak yang ingin mempertemukan dirinya dengan Jokowi dalam sebulan terakhir. 
Amien Rais tidak menyebutkan pihak tersebut secara langsung. “Sesungguhnya, saya nggak perlu sebut nama-nama siapa, memang sebulan terakhir ada yang berusaha pertemukan saya dengan Pak Jokowi,” Kata Amien Rais.
Komunikasi antara Amien Rais dan pihak istana, terkait pertemuan Jokowi dan Amien Rais sudah lama berjalan. 
PAN mengatakan bahwa, lebih dari satu pejabat penting istana yang telah menghubungi Amien Rais. “Komunikasi sudah beberapa bulan. 
Yang menghubungi Pak Amien dan menyampaikan dirinya sebagai utusan Presiden itu bukan hanya satu orang saja. 
Lebih dari satu, dan mereka pejabat penting pemerintahan,” Kata Dradjad Wibowo, anggota Dewan Kehormatan PAN, pada tanggal 2 Juni 2018. Kunjingi terus Matadjurnal.com untuk terus update berita terkini dan informasi menarik lainnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *