Beberapa Rangkuman Berita Seputar Bali

Beberapa Rangkuman Berita Seputar Bali
Beberapa Rangkuman Berita Seputar Bali


Pulau dewata Bali merupakan salah satu tujuan destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Banyaknya pantai dengan pemandangan yang menakjubkan menjadikan bali ini sebagai pulau yang terkenal.

Namun, dalam artikel kali tidak akan membahas tentang keindahan alam yang dimiliki Bali, tapi akan memberikan rangkuman berita-berita menarik di Bali. Untuk lebih jelasnya mari kitas simak bersama ulasan dibawah ini. 

  1. KPU Tabanan Kembalikan Sisa Anggaran Pilkada Rp 2 Miliar ke Pemerintah


Seperti yang diketahui bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tabanan 2020 telah berakhir pada 9 Desember. Yang menetapkan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupatu Tabanan, Dr I Komang Gede Sanjaya SE MM dan I Made Edi Wirawan SE (Jaya-Wira) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tabanan terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 


Penetapan ini berdasarkan hasil rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Pilkda 2020 yang digelar oleh KPU Tabanan, pada 23 Januari 2021 yang lalu. 


Sejak awal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 26,8 miliar untuk penyelenggaraan Pilkada ini. Namun, KPU mengembalikan anggaran pelaksanaan Pilkada yag tersisa sebesar Rp 2 miliar. 


  1. Sebanyak 43 Koperasi di Tabanan Berpotensi Masuk Kategori Sakit


Ada sekitar 43 koperasi yang berpotensi masuk kategori sakit atau bermasalah yang tercatat oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Mengah (Diskop dan UMKM) Kabupaten Tabanan. Sejumlah koperasi tersebut tercatat sudah tiga kali tidak menggelar rapat anggota tahunan (RAT). Maka dari itu, pihak Diskop dan UMKM akan melakukan validasi kembali mengenai penyebab koperasi tersebut tidak menggelar RAT. 


Dalam hal ini, Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Diskop dan UMKM Tabanan, Ni Nyoman Yudiani, mengungkapkan total jumlah koperasi di Tabanan mencapai 54 koperasi pada tahun 2020. Dengan rincian terdiri dari 427 koperasi berstatus aktif, dan 167 koperasu tercatat tidak aktif.


Untuk menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Diskop dan UMKM Tabanan akan melakukan validasi kembali guna memastikan penyebab mereka tidak menggelar RAT. Validasi sendiri akan meliputi alasan koperasi yang tidak menggelar RAT karena permasalah intern, atau karena adanya pandemik Covid-19.


BACA JUGA : IDN TIMES TEMPAT NONGKRONG ONLINE MILLENNIAL DAN GEN Z


  1. Perayaan HUT Megawati di Bali Dinilai Publik Melanggar Prokes


Pada Sabtu 23 Januari 2021, merupakan hari tepat perayaan ulang tahun Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri yang ke-74. Pada hari itu juga bertepatan dengan rapat pleno penetapan Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota se-Provinsi Bali. 


Tentunya hal ini bisa menjadi kado yang terindah untuk Megawati. Sebab para kader yang diusungnya mendominasi kemenangan Pilkada di Provinsi Bali, yang diselenggarakan secara serentak pada 9 Desember 2020 yang lalu. Yakni Kota Denpasar, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Badung, dan Kabupaten Bangli.  


Akan tetapi ada sebuah video yang menjadi sorotan publik saat ini, yakni acara potong tumpeng perayaan HUT Megawati, yang juga juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Daeah (DPD) PDIP Bali bersama para pengurusnya. Rekaman video tersebut diunggah di akun resmi Facebook PDI Pejuangan dengan durasi 04.20 menit. 


Perayaan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Bali sekaligus Ketua DPD PDIP Bali, I Wayan Koster, dinilai publik tidak menjalankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Apalagi kebijakan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali tengah diberlakukan. 

Itulah beberapa rangkuman berita seputar Bali. Untuk mengetahi berita menarik lainnya, anda bisa kunjungi IDN Times Bali

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *