5 Cara Mengenalkan Rukun Islam & Iman Ke Anak

5 Cara Mengenalkan Rukun Islam & Iman Ke Anak

5 Cara Efektif Mengenalkan Rukun Islam & Iman Kepada Anak, Simak di Sini!

Sumber: Republika

Mengenalkan baik itu rukun iman atau pun rukun Islam tentunya sangat penting dilakukan untuk sang buah hati. Dengan begitu, maka si anak akan mempunyai prinsip hidup lebih kuat. 

Meski begitu, bisa saja hal ini menjadi hal yang cukup berat. Maka dari itu, orang tua perlu memiliki cara tertentu agar si buah hati bisa menerima pembelajaran ini dengan baik. 

Agar kalian para orang tua bisa lebih mudah dan efektif mengenalkan apa saja rukun islam dan rukun iman kepada anak-anak, maka simak beberapa cara berikut ini.

Menjaga lingkungan bisa support edukasi agama Islam

Sumber: UII

Ada salah satu faktor penentu bagaimana si anak menjalankan aktivitas setiap harinya yaitu lingkungan mereka. Hal ini dikarenakan mereka meniru perilaku sekelilingnya terutama keluarga dan orang tua pastinya. 

Maka dari itu, sebaiknya mencontohkan semua sesuatu dengan lebih baik. Contohnya saja yaitu menjalankan sholat wajib 5 waktu berjamaah baik itu di rumah atau pun di masjid. 

Orang tua bisa juga memperlihatkan seperti apa cara melakukan zakat. Di samping itu supaya lebih mantap, maka bisa menyekolahkan anak di instansi sekolah yang memiliki basis Islam.

Alasannya karena terdapat pembiasaan lebih maksimal dan pelajaran agama Islam pada sekolah tersebut.

Menyetel lagu-lagu islami

Sumber: NU Online Jatim

Tentunya sekarang ini sudah ada banyak akses yang bisa kalian gunakan dalam memperkenalkan ajaran Islam termasuk mengenai rukun iman atau pun rukun Islam. Misal saja kita bisa memakai platform media Youtube yang di dalamnya ada banyak sekali konten bermanfaat. 

Beberapa anak ada yang lebih cepat untuk mengingat dari aspek visual dan ada juga yang lebih mudah mengingat lewat audio. Semua itu ada di dalam konten Youtube. Apa lagi kegiatan satu ini yang menyenangkan juga dan bisa melatih motorik terutama kreativitas dan juga keaktifan. 

Jika takut memakai Youtube maka coba bisa membeli perangkat tertentu yang khusus mengajarkan edukasi agama Islam yang juga cukup banyak ada sekarang ini.

Sesekali ajak pergi ke pertemuan majelis

Sumber: Republika

Kesempatan berkumpul dengan umat Islam lain yang membahas perihal agama tentu cukup beragam sekarang ini. Walau menurut anak-anak seringkali membosankan kegiatan ini, namun tak ada salahnya mencoba. 

Kalian bisa menunjukkan hal menarik terkait kegiatan tersebut supaya sang buah hati tumbuh minat. Pada saat pertama menjalankan hal satu ini, mungkin anak bersemangat tetapi jika mengetahui tak sesuai bayangannya nantinya bisa saja menolak. 

Tunjukkan setiap ibadah yang wajib

Sumber: Detikcom

Ada ibadah-ibadah wajib umat Muslim yang harus dilakukan. Pastikan anda memperkenalkan anak dengan apa saja rukun islam dan iman yang merupaakn dasarnya. 

Mulai dari kalimah syahadat dan sebaiknya hindari memberikan kesan yang menakutkan karena bisa berakibat fatal. Anak lebih senang kegiatan yang secara bersama-sama dilakukan misalnya dengan sodara, teman sebaya, dan tentunya orang tua. 

Setelah mengajak menjalankannya, tunjukkan juga apa makna penting di balik ibadah wajib tersebut.

Berikan bacaan/ buku Islami

Sumber: CNN Indonesia

Sekarang ini ada banyak bacaan yang tak hanya untuk dewasa saja tetapi juga buku Islami untuk anak-anak juga. Terdapat beberapa macam format tampilan dalam buku untuk anak-anak tersebut dan sebaiknya pilihkan yang lebih banyak ada tampilan gambar. 

Dengan visualisasi tersebut, maka bisa menarik buah hati untuk membaca. Anak pun akan lebih semangat walau pada awalnya tertarik dengan tampilan buku tersebut saja. Dengan membaca itu sendiri adalah kegiatan yang bisa membuka wawasan lebih luas untuk buah hati.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *