9 Hadits Tentang Sholat Wajib dan Keutamaannya

9 Hadits Tentang Sholat Wajib dan Keutamaannya

Setiap orang Islam yang sudah baligh dan berakal tentunya ia memiliki kewajiban-kewajiban yang harus dilakukannya, salah satunya adalah sholat lima waktu.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman di dalam AL Quran yang artinya :

“Bacalah Kitab (Al Quran) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan munkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Ankabuut : 45). 

Dalam surat lain Allah Subhana wa Ta’ala berfirman yang artinya :

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah : 45). 

Selain itu, ada beberapa hadits yang menerangkan tentang keutamaan sholat wajib. Berikut 9 hadits tentang sholat wajib dan keutamaannya : 

Hadits 1

Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dan dijadikanlah penyejuk hatiku dalam iabadah sholat.” (HR. An-Nasa’i dan Ahmad).

Hadits 2

Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wahai Bilal, berdirilah. Nyamankanlah kami dengan mendirikan sholat.” (HR. Abu Dawud). 

Hadits 3

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Di antara sholat yang lima waktu, di antara Jumat yang satu dan Jumat yang lainnya, di antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan yang lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim no. 233). 

Hadits 4

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bagaimana pendapatmu jika di depan pintu rumahmu ada sungai, lalu engkau mandi sehari lima kali? Apakah tersisa kotoran di badannya? Para sahabat menjawab, ‘tidak akan tersisi kotoran sedikit pun di badannya.’ Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda: “Itu adalah permisalan untuk sholat lima waktu. Dengan sholat lima waktu, Allah Ta’ala menghapus dosa-dosa (kecil). (HR. Bukhari).

Hadits 5

Dalam hadits riwayat Abu Dawud, Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Dulu jika ada perkara yang menyusahkan Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam, beliau mendirikan sholat.”

Hadits 6

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu , Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Yang pertama kali akan dihisab dari seorang pada hari kiamat adalah sholat. Jika sholatnya baik, akan baik pula seluruh amalnya. Jika sholatnya rusak akan rusak pula seluruh amal perbuatannya.”

Dalam riwayat lain disebutkan, “Yang peramakali ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kimat adalah  perhatian kepada sholatnya. Jika sholatnya baik, dia akan beruntung (dalam sebuah riwayat disebutkan dia akan berhasil). Dan jika sholatnya rusak, dia akan gagal dan merugi.” (HR. Ath-Thabrani). 

Hadits 7

Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sholatlah lima waktu kalian, zakatilah harta-harta kalian, puasalah di bulan (Ramadhan) kalian, hajilah ke rumah Tuhan kalian, kalian akan masuk ke surga Tuhan kalian dengan tanpa hisab.”

Hadits 8

Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sholat itu tiangnya agama, siapa yang mendirikan sholat, maka ia telah menegakkan agama dan siapa yang meninggalkannya, maka ia telah menghancurkan agama.” (HR. Imam Baihaqi).

Hadits 9

Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Wanita itu jika sholat lima waktu, menunaikan zakat hartanya, berpuasa di bulan (Ramadhan), berhaji di rumah Tuhannya, mentaati suaminya, dan menajaga kemaluannya, maka ia akan masuk ke dalam surga Tuhannya dari pintu manapun yang ia kehendaki.” 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *