Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membuat Bika Ambon!

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membuat Bika Ambon!

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membuat Bika Ambon!

    Cara membuat bika ambon selalu menjadi hal yang menarik untuk kebanyakan orang, sebab tekstur dan rasa kue ini begitu unik. 

    Jika anda senang dengan bika ambon, maka anda tentu kerap penasaran dengan proses pembuatan kue yang satu ini. Dikenal sebagai salah satu kue yang lezat dan unik, bika ambon memang tidak selalu mudah untuk dibuat. Ada langkah-langkah tertentu yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya. Namun di dalam prakteknya, hal inilah yang membuat bika ambon unik dan berbeda dari yang lainnya. 

    Meski tidak sesimpel proses pembuatan kue pada umumnya, Anda juga tetap bisa membuat bika ambon sendiri di rumah. Selama Anda memiliki bahan dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Ikuti proses pembuatan kue ini dengan tepat sejak awal, sehingga hasilnya benar-benar sesuai dengan harapan. Selain itu, hindari juga berbagai kesalahan yang kerap dilakukan orang saat membuat kue khas dari kota Medan ini. 

    Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang wajib dihindari saat mencoba cara buat bika ambon dengan cepat: 

– Tidak menakar semua bahan dengan benar

    Menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik merupakan salah satu hal penting dalam membuat bika ambon. Namun selain itu, menakar semua bahan ini dengan tepat juga tak kalah pentingnya. Jika Anda tidak menakar semua bahan dengan ukuran yang pas, maka kemungkinkan Anda gagal membuat kue ini akan sangat besar. Bika mungkin saja tidak akan mengembang dengan baik atau bahkan tidak bisa matang, jika bahannya tidak sesuai dengan takaran. Ini termasuk kesalahan fatal yang tidak perlu Anda lakukan saat membuat bika ambon. 

– Tidak mengolesi loyang dengan minyak sayur

    Teksturnya yang lembut dan lentur membuat bika ambon rentan lengket pada loyangnya. Kesalahan lainnya yang tak bisa Anda lakukan adalah melupakan untuk mengolesi loyang dengan minyak sayur. Loyang yang tidak diolesi minyak sayur akan membuat adonan lengket ketika proses pemanggangan. Hasilnya, Anda tidak akan bisa mengeluarkannya dengan bagus ketika bika sudah matang. Bukan hanya itu saja, bika juga beresiko gosong saat Anda tidak mengolesi loyang sebelum proses pemanggangan. 

– Tidak membuat biang dengan cara tepat

    Hampir sama dengan proses pembuatan roti, bika ambon juga membutuhkan biang. Jika Anda tidak membuat biang ini dengan cara yang tepat, maka bika tidak akan mengembang dengan baik. Anda mungkin hanya akan menghasilkan bika ambon yang tipis/ bantat, sebab biang berperan untuk membuatnya mengembang dengan tektur yang bagus setelah matang. 

– Tidak memanaskan loyang dan oven terlebih dahulu 

    Berbeda dengan proses pembuataan kue pada umumnya, loyang bika ambon memang harus dipanaskan terlebih dahulu. Jika Anda tidak melakukan ini, maka kemungkinkan bika tidak akan mengembang dengan bagus ketika dipanggang. Bukan hanya itu saja, tektur sarang semut di dalamnya juga mungkin tidak akan ada sama sekali. 

– Tidak melakukan proses pemanggangan dengan benar

    Proses pemanggangan bika ambon juga terbilang unik, Anda bahkan harus membuka oven selama kue tersebut dipanggang. Jika tidak melakukan proses pemanggangan dengan baik, maka bika tidak akan jadi sama sekali. Alih-alih mengembang dengan baik, bukan tidak mungkin bika ini sulit atau bahkan tidak matang sama sekali. 

    Hindari beberapa kesalahan di atas dan lakukan cara buat bika ambon yang benar, agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *