Daftar Daerah Penghasil Kelapa Sawit di Indonesia

Daftar Daerah Penghasil Kelapa Sawit di Indonesia

Daftar Daerah-daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Sumber: Korindo News

Dikenal sebagai salah satu negara kepulauan terbesar, Indonesia memang memiliki banyak hasil bumi. Bukan hanya dari pertanian saja, berbagai hasil perkebunan juga melimpah ruah di berbagai daerah. Kelapa sawit menjadi salah satu hasil perkebunan terbesar dari tanah air. Tidak tanggung-tanggung, luas perkebunan ini bahkan mencapai jutaan hektar.

Jika melihat luasnya yang tidak sedikit, jelas perkebunan sawit di tanah air bisa menghasilkan puluhan juta ton kelapa sawit setiap tahunnya. Negara kita bahkan termasuk salah satu pemasok terbesar di dunia. Artinya, ada banyak wilayah di tanah air yang secara besar-besaran menghasilkan jutaan ton sawit ini setiap tahunnya. 

Berikut ini adalah daftar daerah-daerah penghasil kelapa sawit terbesar di tanah air: 

Riau 

Sumber: Gatra.com

Provinsi yang satu ini menjadi daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia. Selama belasan tahun, Provinsi Riau telah menghasilkan jutaan ton kelapa sawit yang ditujukan untuk berbagai kebutuhan, baik itu untuk domestik maupun internasional. Secara keseluruhan, luas perkebunan kelapa sawit di wilayah ini diperkirakan mencapai lebih dari 2.806.000 hektar. 

Jumlah lahan yang terbilang sangat luas tersebut tentu menghasilkan cukup banyak pasokan kelapa sawit setiap tahunnya. Secara rata-rata, Provinsi ini bisa menghasilkan kelapa sawit hingga 9,5 juta ton per tahunnya. Jumlah ini sekaligus membuat Riau sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. 

Kalimantan Barat 

Sumber: Ekbis SINDONews

Dikenal sebagai salah satu wilayah dengan kawasan hutan yang luas, Kalimantan Barat juga menjadi salah satu penghasil kelapa sawit di tanah air. Perkebunan di wilayah ini sudah dibuka sejak awal tahun 80-an. Selama bertahun-tahun belakangan, Kalbar sudah menghasilkan puluhan juta ton sawit setiap tahunnya. 

Di tahun 2019 saja, wilayah ini memiliki perkebunan sawit sekitar 1.570.000 hektar. Jumlah ini tentu masih terus bertambah setiap tahunnya. Dengan luas perkebunan tersebut, Kalimantan Barat bisa menghasilkan sekitar 5,2 juta ton kelapa sawit setiap tahunnya. 

Sumatera Utara 

Sumber: Tribun Medan

Setelah Riau, Sumatera Utara menjadi wilayah lainnya di kawasan Sumatera yang memiliki kebun sawit terluas. Di tahun 2019 silam, wilayah ini diperkirakan sudah memiliki perkebunan sawit sekitar 1.773.000 hektar. 

Jumlah tersebut bahkan meningkat jauh jika dibandingkan dengan 3 tahun sebelumnya, di mana hanya terdapat perkebunan sawit sekitar 1.343.000 hektar saja. Dengan peningkatan luas perkebunan yang pesat, di tahun 2019 saja wilayah ini sudah mampu menghasilkan kelapa sawit sekitar 5,6 juta ton per tahunnya.

Baca juga: Mengenal Pengertian Negara Maju dan Berkembang

Kalimantan Tengah

Sumber: Kompas Money

Kalimantan Tengah menjadi provinsi berikutnya yang menghasilkan kelapa sawit dalam jumlah besar di tanah air. Berdasarkan data yang ada, wilayah ini sudah memiliki perkebunan sawit sekitar 2.049.000 hektar. 

Luas perkebunan sawit ini tentu masih akan terus bertambah seiring dengan berlalunya waktu. Di tahun 2019 silam saja, Kalimantan Tengah sudah mampu menghasilkan kelapa sawit sebesar 7,6 juta ton. Jumlah ini tentu akan meningkat bersamaan dengan bertambahkan jumlah lahan perkebunan yang dibuka. 

Sumatera Selatan

Sumber: Sumatera Bisnis

Provinsi yang satu ini menjadi penghasil kelapa sawit terbesar ketiga di wilayah Sumatera. Di tahun 2021 lalu, Sumatera Selatan tercatat memiliki perkebunan kelapa sawit sekitar 1. 215.000 hektar. 

Sedangkan di tahun 2019 lalu, kawasan ini sudah mampu menghasilkan kelapa sawit sebanyak 4 juta ton. Jumlah ini tentu akan semakin banyak seiring dengan berlalunya waktu, mengingat luas perkebunan sawit juga semakin bertambah setiap tahunnya. 

Itulah 5 daerah-daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga: Ini Dia Novel Terbaik di Indonesia, Harus Baca!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *