Wajib Tahu! 9 Makanan Natal Dari Berbagai Negara

Wajib Tahu! 9 Makanan Natal Dari Berbagai Negara

sumber : BBC

Natal bukan hanya tentang merayakan kegembiraan dan kesejahteraan, tetapi juga merayakan kekayaan kuliner dunia. Di setiap negara, tradisi kuliner Natal menciptakan hidangan-hidangan istimewa yang mencerminkan budaya dan cita rasa lokal. Berikut adalah beberapa makanan Natal dari berbagai negara yang menambah keberagaman pesta makan Natal di seluruh dunia.

1. Inggris: Christmas Pudding

Christmas Pudding atau Plum Pudding adalah hidangan tradisional Inggris yang tak terpisahkan dari perayaan Natal. Dibuat dari campuran buah-buahan kering, rempah-rempah, dan alkohol seperti brandy, Christmas Pudding seringkali disajikan setelah dihidupkan dengan api dan disiram dengan saus brandy yang membara.

2. Italia: Panettone

Panettone adalah roti manis yang berasal dari Italia dan menjadi hidangan wajib selama Natal. Roti ini diperkaya dengan kismis, kura-kura, dan jeruk, memberikan aroma yang khas. Panettone dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai camilan saat merayakan Natal.

3. Jerman: Stollen

sumber : Olive Magazine

Stollen adalah roti buah khas Jerman yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Natal. Roti ini terbuat dari adonan kaya yang diisi dengan buah-buahan kering, kulit jeruk, dan kacang-kacangan. Stollen kemudian disajikan bersama dengan taburan gula halus sebagai hidangan pembuka atau camilan.

4. Swedia: Risalamande

Risalamande adalah hidangan penutup khas Swedia yang biasa disajikan selama Natal. Terbuat dari bubur beras yang dicampur dengan krim dan potongan almond, hidangan ini seringkali dihidangkan dengan saus ceri merah. Tradisi di Swedia juga mencakup menyembunyikan almond utuh dalam hidangan, dan siapa pun yang menemukannya mendapatkan hadiah kecil.

5. Spanyol: Turron

Turron adalah permen almond klasik dari Spanyol yang menjadi hidangan wajib selama Natal. Terbuat dari almond panggang dan madu, turron memiliki tekstur kenyal dan manis yang disukai oleh banyak orang. Terdapat berbagai varian turron, termasuk yang berisi cokelat, kacang, atau kismis.

BACA JUGA : 7 Restoran di Crumble Crew yang Menyajikan Makanan Terlezat

6. Perancis: Bûche de Noël

sumber : Delish

Bûche de Noël, atau Yule Log Cake, adalah kue Natal khas Perancis yang dirancang untuk menyerupai sebatang kayu bakar yang digunakan selama perayaan Yule di zaman dahulu. Kue ini terbuat dari sponge cake yang digulung dan dihiasi dengan krim mentega atau ganache cokelat untuk menciptakan tampilan kayu yang realistis.

7. Amerika Serikat: Roast Turkey

Di Amerika Serikat, hidangan utama Natal yang paling umum adalah Roast Turkey. Daging kalkun dipanggang dengan rempah-rempah dan sering disajikan dengan stuffing, kentang tumbuk, dan saus cranberry. Hidangan ini menjadi simbol perayaan Thanksgiving dan Natal di seluruh negara.

8. Australia: Christmas Ham

Di Australia, hidangan Natal yang paling umum adalah Christmas Ham. Ham yang dimasak dengan glaze madu atau bumbu khusus disajikan dingin atau hangat, seringkali diiringi dengan saus mustard atau chutney buah. Christmas Ham menjadi hidangan yang penuh rasa dan tradisional di meja makan Natal Australia.

9. Brasil: Rabanada

sumber : Texas de Brazil

Rabanada adalah versi Brasil dari French Toast, yang menjadi hidangan khas Natal. Roti dipotong tipis, dicelupkan dalam campuran telur dan susu, lalu digoreng hingga kecokelatan. Biasanya disajikan dengan taburan gula dan kayu manis, Rabanada menjadi camilan manis yang dicintai selama musim liburan.

Dengan hidangan-hidangan Natal yang bervariasi dari berbagai negara, perayaan Natal menjadi lebih meriah dan menggambarkan kekayaan tradisi kuliner dunia. Meskipun makanan Natal dari berbagai negara ini memiliki akar budaya yang kuat, mereka juga menciptakan pengalaman yang unik dan berkesan bagi setiap keluarga dan komunitas yang merayakannya. Sehingga, setiap hidangan bukan hanya menyajikan rasa, tetapi juga menceritakan kisah dari tempat asalnya. Selamat menikmati hidangan Natal dari berbagai negara dan merayakan keberagaman dalam tradisi kuliner!

BACA JUGA : 5 Camilan Bakaran untuk Meriahkan Malam Tahun Baru

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *