Manfaat Pohon Kelapa untuk Kehidupan, Apa Saja Ya?

Manfaat Pohon Kelapa untuk Kehidupan, Apa Saja Ya?

Manfaat Pohon Kelapa untuk Kehidupan, Cek Selengkapnya di Sini!

Sumber: Sonora.id

Pohon kelapa menjadi pohon kehidupan yang seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Pohon ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia karena manfaatnya yang sangat banyak. Kira-kira apa saja ya manfaat pohon kelapa untuk kehidupan? Cari tahu pada pembahasan berikut!

1. Akar 

Sumber: SerambiUpdate

Siapa bilang hanya daun dan buahnya saja yang bisa dimanfaatkan. Akar dari pohon kelapa juga sering dimanfaatkan untuk kehidupan manusia lho. Akar kelapa yang berbentuk seperti rambut dengan sistem akar berserat ini sering dimanfaatkan dalam dunia konstruksi. 

Apakah peran akar pohon kelapa dalam dunia kontruksi? – akar pohon kelapa terdiri dari ribuan akar tipis yang tumbuh keluar ke permukaan tanah yang sangat kokoh. Karena memiliki struktur yang kokoh, akar dari pohon kelapa ini sering dimanfaatkan dalam dunia konstruksi dalam bentuk penyangga bangunan atau cakar ayam. 

Selain itu, untuk wilayah masyarakat yang rawan banjir umumnya akar pohon kelapa ini dimanfaatkan untuk menangkal banjir karena akar pohon kelapa mampu menyerap air dalam jumlah yang sangat banyak dan dipercaya mampu mencegah terjadinya banjir. 

Selain itu, akar pohon kelapa juga dapat dimanfaatkan dalam dunia kerajinan tangan yang bernilai ekonomis seperti gelang, kalung, dan lainnya. 

Baca juga: 7 Sumber Kekayaan Rudi Salim, Melimpah!

2. Batang 

Sumber: Pikiran Rakyat Pangandaran

Batang pohon kelapa memiliki tiga warna dasar yang berkaitan dengan kepadatan kayu yakni coklat gelap, coklat medium, dan emas bercahaya. Batang kelapa dengan tinggi 25 meter umumnya memiliki diameter 300 mm. 

Batang pohon kelapa dengan ukuran yang sangat tinggi dan kokoh ini banyak dimanfaatkan untuk struktural umum seperti pilar, gulungan, arung jeram, jendela, kusen, pintu, dan balok lantai. Batang pohon kelapa dengan kepadatan sedang biasa dimanfaatkan sebagai langit-langit dan balok. 

Balok kelapa dengan kepadatan rendah dimanfaatkan untuk bantalan non-beban seperti langit-langit, panel kayu, dan peralatan rumah tangga. Batang pohon kelapa juga sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kertas yang diekstrak dalam bentuk bubur kertas. 

Untuk Anda yang tertarik dengan desain eksterior khas alam, manfaatkanlah batang pohon kelapa ini sebagai desain eksterior rumah Anda dalam bentuk pintu masuk atau gerbang dengan bahan utama batang pohon kelapa. 

3. Daun 

Sumber: Bobo.id

Daun pohon kelapa memiliki ukuran yang sangat panjang memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan daun kelapa yang paling populer adalah dijadikan sebagai janur untuk bahan anyaman untuk dekorasi acara adat atau pembungkus makanan seperti kerupat. 

Daun kelapa yang sudah tua biasa dimanfaatkan untuk bahan anyaman bagian atap rumah atau dinding bangunan dengan biaya yang lebih terjangkau. Sedangkan, daun kelapa yang sudah kering sering dimanfaatkan untuk bahan anyaman tikar, topi, tas, dan jenis kerajinan tangan lainnya. 

Batang daun sering dipilah untuk dimanfaatkan sebagai sapu lidi untuk membersihkan halaman rumah. Jika Anda memelihara gajah, berikan kepada gajah karena daun kelapa menjadi makanan favorit gajah. 

4. Buah 

Sumber: Bisnis Bandung

Buah kelapa biasanya hadir dengan ukuran yang bervariasi dan berbentuk bulat. Diameter umum dari buah kelapa mencapai 10 cm hingga 20 cm atau bahkan lebih dengan variasi warna yang berbeda-beda pula mulai hijau muda  hingga hijau tua. 

Setiap buah kelapa mengandung air kelapa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta hidrasi tubuh untuk menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Air kelapa bahkan dapat menyembuhkan luka bakar serta menghilangkan bekas jerawat dan bekasnya. 

Daging buah kelapa yang masih muda dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam berbagai jenis minuman menyegarkan. Daging buah kelapa juga sering dimanfaatkan untuk menghasilkan minyak kelapa sebagai pengganti mentega. 

Kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam buah kelapa dinilai sangat baik untuk kesehatan tubuh karena bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melindunginya dari berbagai macam penyakit. Tempurung buah kelapa dimanfaatkan sebagai arang dalam memasak dan penyerap gas berbahaya. 

5. Bunga 

Sumber: IDN Times

Bunga kelapa biasanya mekar dalam 4 sampai 6 tahun dalam warna kuning dengan aroma yang sangatmanis. Bunga kelapa bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan tradisional serta bahan kerajinan tangan seperti topi dan tas. 

Pohon kelapa memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia sehingga tak heran jika kita menemukan banyak sekali pohon kelapa di setiap daerah dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Pasar Bebas, Fungsi, Manfaat dan Perannya


Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *