Berikut 5 Jenis Olahraga yang Ampuh Untuk Menambah Berat Badan

Berikut 5 Jenis Olahraga yang Ampuh Untuk Menambah Berat Badan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan dengan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, maka tak heran jika semua kalangan gemar berolahraga secara rutin. 

Ngomong-ngomong soal cara menambah berat badan, ternyata ada beberapa jenis olahraga yang efektif untuk meningkatkan berat badan lho. Jenis olahraga apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Push up

Jenis olahraga pertama yang terbukti cukup ampuh untuk menambah berat badan, yaitu berupa Push up. Meski gerakannya terlihat simple, namun olahraga yang satu ini memiliki dampak yang bagus untuk tubuh, khususnya untuk dalam membangun otot lengan dan punggung. 

Dalam hal ini kamu hanya perlu menghadapkan tubuh ke lantai, lalu meletakkan kedua tangan di sebelah badan. Jika sudah demikian, silahkan angkat berat tubuhmu dengan menggunakan kedua tangan. 

Perlu diingat, kamu juga harus tetap menjaga postur tubuh agar punggung dan kaki tetap lurus. Dengan demikian, maka manfaat dari gerakan Push up untuk menambah berat badan akan lebih maksimal. Kamu bisa melakukan Push up ini sebanyak 10 – 15 kali per harinya. 

2. Pull up

Selain push up, Pull up juga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan berat badan. Untuk melakukan olahraga ini, maka kamu memerlukan bantuan dari sebuah benda kokoh yang menempel pada dinding ataupun pull up bar. 

Ketika meletakkan kedua tanggan di Pull up bar tersebut, pastikan jaraknya jangan terlalu dekat dengan wajah. Mengenai cara pengaturan jaraknya, silahkan lebarkan pegangan tanganmu sampai menjauh dari wajah. 

Setelah itu angkatlah tubuhmu dengan menggunakan kekuatan tangan hingga dagi mencapai ke Pull up bar. Apabila dirasa sudah tidak kuat lagi, jangan terlalu memaksakan diri untuk terus melakukannya dalam jumlah yang banyak. 

Baca juga: IDN App: Kini User Tidak Ketinggalan Berita Viral

3. Squat

Cara melakukan olahraga Squat ini sebenarnya terbilang cukup mudah. Pasalnya, kamu hanya perlu berdiri tegak yang mana posisi kaki harus sejajar dengan pinggul. Setelah itu turunkan bagian bokongmu seperti halnya ingin duduk. 

Saat melakukan gerakan Squat, usahakan posisi tubuhmu tetap lurus. Apabila belum terbiasa, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan gerakan Squat karena bisa membuat cedera lho!

4. Lunges

Dilihat dari gerakannya, sekilas olahraga Lunges ini memang tidak berbeda jauh dengan gerakan squat. Tak hanya dapat meningkatkan berat badan, gerakan Lunges juga dapat membantu dalam mengencangkan otot kaki. 

Cara melakukannya pun cukup sederhana, yang mana kamu hanya perlu berdiri tegak sembari menekuk otot perut. Setelah itu rentankan satu bagian kaki ke arah depan, kemudian condongkan tubuhmu sampai lututnya berada pada posisi 90 derajat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya ulangi gerakan Lunges ini sebanyak mungkin. Jika dirasa tidak sanggup, maka gerakan Lunges bisa kamu lakukan semampunya saja. 

5. Berenang

Jenis olahraga berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk menambah berat badan, yakni berenang. Saat berenang, secara tidak langsung tubuhmu akan dipaksa untuk melawan beban di dalam air. Nah, proses tersebutlah yang dapat membuat otot-otot meregang serta menjadi lebih kuat. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena komposisi air lebih padat ketimbang udara. Dengan demikian, maka tak heran jika kegiatan berenang lebih efektif untuk meningkatkan berat badan dibanding jenis olahraga lainnya.  

Baca juga: Manfaat Menekuni Seni Bela Diri Pencak Silat

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *