5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan



Matadjurnal.com – Indonesia merupakan negara penghasil rempah dan herbal yang besar. Ada banyak jenis rempah yang tumbuh di Indonesia. Anda tentu tahu seberapa besarnya manfaat dari rempah.

Dari rempah-rempah yang tumbuh subur di Indonesia, semuanya memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Biasanya rempah atau tanaman herbal sering dibuat jamu. Anda bisa beli jamu sachet dan botol yang sudah jadi atau membuat racikan tanaman herbal sendiri di rumah.

Salah satu tanaman rempah herbal yang bisa Anda racik menjadi jamu adalah temulawak. Berbagai manfaat temulawak untuk kesehatan bisa Anda rasakan saat mengonsumsinya.

Kini, tanaman herbal dan rempah-rempah di Indonesia tidak hanya bisa diracik ke dalam bentuk jamu tradisional saja.

Ada banyak ragam produk yang bisa dihasilkan dari herbal seperti temulawak. Temulawak yang sering dijadikan bahan multivitamin anak-anak ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Temulawak yang memiliki bentuk seperti kunyit ini memiliki manfaat baik untuk tubuh. Temulawak dapat mengatasi masalah sistem pencernaan Anda.

Temulawak memiliki fungsi untuk merangsang produksi cairan empedu di dalam kantong empedu. Sehingga, temulawak dapat mendorong dan melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Tidak hanya melancarkan pencernaan, temulawak nyatanya juga membantu mengatasi perut kembung dan meningkatkan nafsu makan.

Karena manfaat inilah temulawak sering dijadikan bahan pembuatan produk peningkat nafsu makan anak.

2. Mencegah dan membantu proses pengobatan kanker

Begitu banyak manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh. Selain sebagai peningkat nafsu makan, temulawak juga bermanfaat untuk mencegah dan membantu pengobatan penyakit kanker.

Temulawak mampu membantu proses pengobatan penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker usus dan kanker payudara.

Peran temulawak dalam hal ini adalah menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Kandungan antioksidan pada temulawak memiliki peran besar dalam mencegah dan mengobati kanker.

3. Menjaga kesehatan liver

Anda bisa mengekstrak temulawak untuk bisa dikonsumsi, atau mungkin saja Anda punya cara sendiri dalam meracik temulawak. Jika Anda ingin tubuh selalu sehat dan prima, jangan ragu untuk mengonsumsi temulawak.

Tetapi perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi temulawak. Jika terjadi, perut Anda bisa kejang.

Oleh karena itu, konsumsi temulawak secara bijak. Dengan aturan makan yang tepat, temulawak dapat membantu menjaga kesehatan liver Anda.

Temulawak memiliki manfaat untuk melindungi hati dari hepatotoksin. Apa itu hepatotoksin? Hepatotoksin adalah zat kimia yang dapat menyebabkan pengaruh buruk pada organ hati.

Agar organ hati Anda terlindungi, maka rutin konsumsi temulawak dengan tidak berlebihan.

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

4. Obat antiradang

Temulawak merupakan tanaman herbal yang mengandung senyawa antiradang. Senyawa ini berguna untuk meenghambat produksi prostaglandin E2 yangmana dapat memicu peradangan. Dengan mengonsumsi temulawak, tubuh Anda akan terhindar dari radang persendian.

5. Sebagai obat diuretik

Dierutik merupakan suatu zat yang dapat membantu membersihkan tubuh manusia dari natrrium (garam) dan air.

Dengan begitu, tubuh Anda tidak mengalami penumpukan cairan yang dapat menyebabkan masalah dalam tubuh.

Temulawak bermanfaat sebagai obat diuretik di mana mampu merangsang ginjal agar melepaskan natrium lebih banyak ke dalam urin.

Sebagai obat diuretik, temulawak juga dapat mengambil kelebihan cairan tubuh dari pembuluh darah. Biasanya, diuretik memiliki peran dalam membantu, mencegah, mengobati dan memperbaiki beberapa masalah di dalam tubuh seperti gagal ginjal, gagal jantung, ederma dan masalah pada ginjal lainnya.

Demikian itu adalah 5 manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh. Semoga dengan adanya pembahasan ini, Anda menjadi lebih bijak dalam memanfaatkan tanaman herbal di sekitar kita seperti temulawak. Sehingga banyak manfaat yang Anda dapat dari tanaman herbal temulawak.

Baca juga: Hal Yang Perlu Diperhartikan Saat Memberikan Karangan Bunga

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *