6 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

6 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Matadjurnal.com – Sudah sejak lama minyak zaitun dikenal akan manfaatnya di beberapa negara. Meski minyak zaitun ini dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari biasanya, tetapi tidak sedikit orang yang rela membayar harganya karena ingin merasakan manfaat dari minyak zaitun yang multifungsi.

Lalu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang sudah terbukti ampuh itu apa saja?

Berikut dibawah ini manfaat ampuh menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan diantaranya yaitu:

1. Mengontrol Kolesterol

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun maka akan dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol “jahat” dan juga meningkatkan HDL atau kolesterol “baik” didalam tubuh.

Sangat penting bagi setiap orang untuk selalu memperhatikan kadar kolesterol didalam darah, karena jika terjadi penumpukan kolesterol maka bisa menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah.

Kemudian plak tersebut nantinya akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang bisa meningkatkan risiko terserangnya penyakit kardiovaskular.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang kaya didalam minyak zaitun menjadikannya sebagai minyak sehat untuk digunakan memasak dan juga sebagai dressing salad.

Sehingga minyak zaitun ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan juga mencegah terjadinya penyakit jantung.

Adanya sebuah penelitian yang menunjukkan jika penyakit jantung jarang dialami oleh orang orang yang berada di negara negara sekitar kawasan Mediterania.

3. Khasiat Minyak Zaitun Untuk Mencegah Stroke

Stroke merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung yang seringkali ditemukan di negara negara maju.

Terjadinya stroke inilah adalah karena adanya gangguan yang dialami aliran darah ke otak baik karena adanya pembekuan darah ataupun karena adanya pendarahan.

Sebuah penelitian menunjukkan jika minyak zaitun dapat menurunkan risiko stroke berkat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal didalamnya.

Hal inilah yang membuat di negara negara Mediterania jarang ditemukannya kasus stroke.

Baca juga: Manfaat Minum Air Kelapa Hijau Bagi Ibu Hamil

4. Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko penyakit diabetes melitus tipe 2. Adanya beberapa penelitian yang menunjukkan jika minyak zaitun dapat membantu menjaga kadar gula darah dan sensitivitas kadar insulin.

Pola diet Mediterania telah membantu orang orang yang berada dikawasan tersebut berisiko rendah terserang penyakit diabetes mellitus tipe 2.

5. Mencegah Penyakit Alzheimer

Minyak zaitun juga terbukti ampuh dapat mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit yang umum terjadi di dunia ini disebabkan oleh adanya penumpukan plak beta amyloid pada sel otak manusia.

Sebuah penelitian menujukkan jika minyak zaitun ini dapat menghilangkan plak plak tersebut dari sel otak.

Menggunakan minyak zaitun sebagai minyak utama didalam pola diet terbukti dapat menurunkan resiko dan mengatasi gejala penyakit Alzheimer.

6. Mengatasi Gejala Penyakit Rheumatoid Arthritis

Penyakit rheumatoid arthritis merupakan sebuah penyakit autoimun dengan gejala umum berupa nyeri sendi.

Terjadinya penyakit ini karena sel sel normal diserang oleh sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan peradangan yang menyebabkan rasa nyeri hingga terjadinya pembengkakan.

Selain itu masih ada manfaat ampuh lainnya untuk kesehatan dari penggunaan minyak zaitun seperti dapat menurunkan berat tubuh, mengatasi sembelit, menjaga kesehatan tulang, mengatasi batu ginjal, sebagai antibakteri, sebagai antioksidan, sebagai antiinflamasi, sebagai antikanker, melembapkan kulit, mengatasi tumit pecah pecah, mencegah penuaan, dan menjaga kesehatan rambut.

Meski minyak zaitun ini menawarkan banyak manfaat, tetapi karena didalamnya mengandung lemak, maka menggunakannya tidak boleh berlebihan.

Baca juga: Para Suami Harus Tahu! Inilah Cara Merangsang Wanita dengan Mudah

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *