Niat Puasa Senin Kamis, Serta Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Niat Puasa Senin Kamis, Serta Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Niat Puasa Senin Kamis, Serta Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Ada banyak sekali keutamaan ataupun manfaat yang bisa didapatkan dari puasa sunnah ini.

Dari Abu Harrairah Radiallahu Anhu, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Selain itu, hari Senin dan Kamis merupakan hari diperiksanya amalan manusia di hadapan Allah. Kedua hari ini merupakan hari yang penting bagi Rasulullah, salah satunya adalah hari dimana ayat pertama Al-Quran diturunkan, hari Senin.

Niat Puasa Senin 

وَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya: “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya: “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Manfaat Puasa Senin Kamis

Melakukan puasa sunnah sudah jelas akan memberikan kita manfaat di akhirat kelak, ibadah ini bisa menjadi penolong kita dalam menghapuskan dosa-dosa. Puasa juga mengajarkan kita untuk senantiasa bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah kepada kita.

Tak hanya itu, ternyata berpuasa sunnah juga memberikan manfaat bagi jasmani kita. Kita bisa mendapatkan manfaat langsung yang dapat dirasakan oleh tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa diantaranya!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut beberapa penelitian, puasa senin kamis yang menjadi rutinitas sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Puasa ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, LDL, dan trigiserida.

Puasa senin kamis juga mampu menurunkan resiko penyumbatan arteri dari partikel lemak. 

2. Menurunkan berat badan

Puasa senin kamis ternyata juga bisa menjadi sarana untuk menurunkan berat badan, mungkin ini bisa menjadi alternatif bagi yang ingin melakukan diet. Walaupun puasa tidak bisa memberikan penurunan berat yang drastis, tetapi kita bisa menyiasatinya dengan mengontrol nutrisi yang dikonsumsi.

3. Melancarkan metabolisme

Dengan berpuasa, kita bisa meningkatkan kada neurotransmitter norepinefrin yang sangat bagus untuk menunjang metabolisme. Saat berpuasa, tubuh kita harus bertahan selama seharian penuh tanpa makan dan minum. Ketika berbuka menggunakan makanan yang bergizi, metabolisme kita tentu saja akan meningkat karena sudah melakukan istirahat yang cukup lama.

Saat berbuka, alangkah baiknya kita memperhatikan apa saja makanan yang harus dikonsumsi. Buah-buahan menjadi salah satu menu yang cukup wajib, selain itu tak lupa sayur-sayuran yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh, serta meminum air putih secukupnya.

4. Mengontrol gula darah

Berpuasa akan membantu tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi. Hal ini akan membuat tubuh menurunkan produksi insulin, sehingga kadar gula darah akan menurun.

Puasa juga dapat mengurangi resistensi insulin, sehingga pemindahan glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh dapat dilakukan dengan lebih mudah.

BACA JUGA : SAAD BIN WAQAS

5. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari tak jarang memberikan racun bagi tubuh kita. Saat berpuasa, kita akan lebih mengontrol apa saja makanan yang dikonsumsi, serta meminimalisir racun yang masuk dalam tubuh.

Saat tak ada racun yang masuk dalam tubuh, kebetulan juga kita mengeluarkan racun melalui keringat, buang air kecil, maupun buang air besar. Jadi, kadar racun dalam tubuh akan bisa dihilangkan secara efektif.


Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *