Inilah 5 Aplikasi Desain Rumah PC Yang Bisa Kamu Coba

Inilah 5 Aplikasi Desain Rumah PC Yang Bisa Kamu Coba

Matadjurnal.com – Sebelumnya yang kita ketahui, arsitek dalam mendesain rumah tentu menggunakan cara manual yaitu menggambarnya di atas kertas.

Dalam mendesain sebuah bangunan secara manual di atas kertas tentu akan memakan waktu yang cukup lama, belum lagi jika ada kesalahan dan harus merevisinya.

Namun seiring berkembangnya zaman, sekarang ini mendesain rumah, interior, gedung, atau bangunan lainnya, kini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan bantuan software khusus.

Perangkat lunak untuk membantu mendesain arsitektur ini mendukung rancangan 2D dan 3D dari berbagai macam konstruksi bangunan.

Selain itu, software ini juga memberikan penawaran sejumlah fitur otomatis yang mempermudah penggunanya dalam mendesain bangunan.

Nah dengan canggih dan kemudahannya tersebut, software ini bisa dibilang cocok untuk kalian para pemula yang sedang belajar di dalam dunia arsitektur.

Maka dari itu bagi kalian yang berada dalam dunia arsitektur atau yang ingin belajar mendesain, berikut ini adalah 5 aplikasi desain rumah PC.

1. ArchiCAD

Perangkat lunak ini biasa diklaim sebagai software desain all in one. Software ini memungkinkan kalian untuk mendesain sebuah bangunan baik dalam bentuk 2D maupun 3D.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh arsitek profesional atau bisa juga digunakan oleh mahasiswa yang sedang dalam proses belajar arsitektur.

Aplikasi ini sebenarnya tidak sulit untuk digunakan, bahkan oleh orang awam sekalipun. Aplikasi ArchiCAD ini memiliki hampir semua fitur yang ditawarkan oleh software sejenis lainnya.

2. SketchUp

Beberapa waktu yang lalu, Google baru saja membeli hak cipta dari software ini. Maka dari itulah, SketchUp kini menjadi aplikasi yang cukup terkenal, khususnya dikalangan arsitek dan para desainer.

SketchUp juga memampukan kalian untuk menghasilkan desain 3D secara lebih cepat. Fitur yang diberikan software ini juga tidak jauh berbeda dengan fitur yang ditawarkan aplikasi sejenis lainnya.

Selain itu, software ini juga bisa dikatakan sangat ideal bagi para mahasiswa yang ingin memberikan hasil desain 3D secara cepat dan juga untuk pemula yang ingin mengawali karir di dunia arsitektur.

3. Vectorworks Architecture

Jika dibanding-bandingkan dengan software lainnya, aplikasi atau software ini memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi.

Hal ini bisa dilihat dari pengguna software ini yang berasal dari kalangan desainer dan arsitek yang sudah profesional.

Dengan bantuan dari software ini, kalian bisa membuat desain proyek yang sangat bagus dan luar biasa.

Banyak dari para desainer atau arsitek menghabiskan banyak waktu bahkan berjam-jam untuk membuat sebuah desain, tetapi dengan software ini kalian dapat membuat desain yang unik dan sempurna tanpa memakan waktu yang lama.

Baca juga: Inilah Pengertian Teknologi Dari Para Ahli yang Harus Anda Ketahui

4. Microstation

Software desain rumah yang bisa dibilang sederhana ini, sebenarnya sangat mudah digunakan. Software Microstation ini juga menjadi aplikasi yang banyak dipilih orang-orang karena dianggap memiliki stabilitas yang cukup mumpuni jika dibandingkan dengan software lainnya.

Tetapi dibalik kelebihannya itu, software ini juga memiliki kekurangan, dimana kurangnya kompatibilitas yang sedikitmenghambat proses desain.

Contohnya, software ini tidak dapat membaca gambar dari AutoCAD. Microstation ini juga bisa dibilang cocok untuk para pemula.

5. Virtual Architect Ultimate Home Design

Melakukan desain rumah impian kalian kini dapat dilakukan dengan mudah. Pasalnya aplikasi Virtual Architect Ultimate Home Design ini hadir untuk kalian yang ingin menggambar rumah sesuka hati kalian sendiri dengan tampilan 3D yang modern.

Bahkan, Virtual Architect Ultimate Home Design mengklaim aplikasinya ini dapat digunakan dengan mudah meskipun kalian bukan seorang yang profesional.

Itu tadi merupakan 5 aplikasi desain rumah PC yang mudah kalian gunakan. Aplikasi diatas merupakan aplikasi yanng cocok untuk kalian para pemula.

Kira-kira mana menurut kalian yang cocok untuk kalian pakai?

Baca juga: Manfaat Teknologi di Segala Aspek Kehidupan Manusia

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *