Inilah Resep Kue Rangin Tepung Ketan, Enak Dan Mudah

Inilah Resep Kue Rangin Tepung Ketan, Enak Dan Mudah

Halo, apa kabar para pembaca. Ingin menyajikan kue tradisional tapi bingung dan takut kue tidak jadi. Jangan khawatir, ada lho kue tradisional Indonesia yang bisa Anda coba dirumah. Mudah dan tentunya pasti enak.

Siapa yang tidak tahu makanan tradisional Indonesia yang satu ini. Namanya kue rangin atau kadang sering disebut dengan kue gandos atau pancong. Di daerah lain kue tradisional ini memiliki nama yang berbeda lho. Di Surabaya disebut dengan kue rangin, kalau di Jakarta disebut kue pancong, di Bandung dipanggil kue bandros, dinamakan kue tratak jaran oleh orang Bojonegoro dan di Bali disebut daluman. 

Rasa dari kue ini dominan gurih, namun jika ingin tambah manis bisa menambahkan gula untuk ditabur dibagian atasnya. Selain itu harganya yang murah membuat kue rangin memiliki banyak penggemar. Rasa pun disukai dari berbagai kalangan, mulai dari yang anak-anak, remaja, orang dewasa sampai lansia. Bentuk kue-nya sendiri juga khas yaitu berwarna putih dibagian atas dan kecoklatan muda dibagian bawahnya.

Dibawah ini akan ada penjelasan lengkap resep dari kue rangin menggunakan tepung beras. Mari simak.

Resep Kue Rangin Tepung Ketan

Bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue rangin (bahan untuk 5 porsi).

– Tepung ketan sejumlah 75 gram

– Kelapa parut sejumlah 175 gram (usahakan untuk tidak terlalu tua)

– Garam sejumlah ¼ sdt

– Gula pasir sejumlah 35 gram

– Gula merah sejumlah 15 gram

– Minyak secukupnya saja

Alat

Ada beberapa alat yang diperlukan dalam membuat kue rangin.

– Wadah kosong untuk mengaduk adonan

– Sendok atau alat untuk mencampur adonan (bisa juga dengan tangan)

– Cetakan khas kue rangin

– Piring atau wadah untuk meletakkan kue rangin yang sudah jadi

Step by Step Membuat Kue Rangin

Cara lengkap membuat kue rangin dapat disimak dibawah ini.

1. Siapkan wadah kosong lalu campurkan kelapa parut, tepung ketan dan juga garam serta gula (untuk gula bisa secukupnya saja). Aduk ke-4 bahan tadi hingga tercampur dengan rata. Bisa menggunakan tangan (jangan lupa tangan sudah bersih) untuk mencampurkannya, namun jangan pakai ditekan-tekan.

2. Jika dirasa adonan tadi sudah pas maka masuk ke step yang selanjutnya.

3. Siapkan cetakkan atau panggangan khas kue rangin dan panaskan. Jangan lupa olesi panggangan dengan minyak agar kue rangin mudah dilepaskan dari panggangannya.

4. Setelah sudah, kecilkan api. Lanjut beri adonan kue rangin hingga penuh di dalam panggangan. Setelah itu tutup dan tunggu kurang lebih 5 menit-an. 

5. Setelah kurang lebih 5 menit, kue rangin dapat dilihat. Jika sudah matang maka kue rangin bisa diambil dari pemanggangnya. Usahakan hati-hati saat mengeruk dari pemanggangnya supaya bentuk kue rangin tetap bagus alias tidak hancur.

6. Letakkan kue rangin di piring atau wadah saji yang sudah yang disiapkan.

7. Kue rangin siap untuk disajikan dan siap untuk dinikmati.

Itulah resep untuk membuat kue rangin menggunakan tepung ketan yang bisa Anda buat dirumah. Cukup mudah bukan? Hanya beberapa bahan saja, Anda bisa membuat kue tradisional Indonesia ini di dapur Anda. Kue tradisional yang memiliki rasa gurih nikamt namun mudah dan tentunya juga tidak memakan biaya mahal untuk membuatnya. Semoga resep diatas bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Selamat mencoba resepnya di rumah.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *