7 Makanan Enak Khas Malang Yang Wajib Dicoba

7 Makanan Enak Khas Malang Yang Wajib Dicoba

 

makanan-khas-malang
Orem-orem

matadjurnal.com – Kota Malang tidak hanya terkenal dengan kesejukan dan keindahan alamnya saja, namun juga kulinernya yang khas. Buat kamu pecinta kuliner, jangan lupa cicipi makanan khas kota tersebut ketika berlibur ke Malang. Dijamin lidahmu akan dibuat bergoyang ketika mencicipinya. Bahkan beberapa diantara makanan khas tersebut juga telah melegendaris, sehingga wajib kamu coba.

Berikut dibawah ini 7 makanan enak khas Malang yang wajib dicoba :

  1. Bakso Malang

Buat kamu pecinta kuliner bakso, tentu jawaban utama tentang nikmatnya makanan yang satu ini, tidak lain adalah bakso khas Malang. Kuliner ini terbuat dari bahan utama daging sapi. Bakso Malang adalah salah satu makanan yang tidak boleh kamu lewatkan ketika sedang berkunjung ke kota Malang. 

Pentolnya yang kenyal dan kuah kaldu sapinya yang gurih, lalu dicampur dengan mie, bihun, tauge, tahu, sehingga dapat membangkitkan selera makanmu, bahkan ketika pagi hari.


  1. Cwie Mie

Sejarah datangnya makanan khas Malang ini berasal dari etnis Tionghoa. Sekilas Cwie Mie ini tampak menyerupai mie ayam biasa. Namun, kenyataannya sangatlah berbeda. Cwie Mie merupakan makanan dari daging ayam yang disajikan lebih halus dan telah dicampur dengan cacar, kuah, dan juga taburan bawang. 


  1. Orem Orem

Makanan khas Malang yang mulai menjamur sejak tahun 80-an ini merupakan hidangan berkuah yang menyajikan irisan tempe goreng yang telah dibumbui bersama ayam goreng. Sekilas cita rasa orem orem ini hampir mirip dengan sayur lodeh. Namun, kuliner ini disajikan dengan kuah kaldu ayam sangat kental yang mampu mengenyangkan perutmu yang kosong dipagi hari. 


  1. Bakso Bakar

Makanan khas ini sama seperti dengan bakso bakso yang ditemukan di Malang, namun bedanya bakso bakar ini dilumuri dengan saus, kecap, serta rempah rempah. Sehingga ketika baksonya dibakar akan mengeluarkan aroma yang sangat menggoda membuat perutmu semakin lapar. 


  1. Nasi Goreng Mawut

Nasi goreng mawut atau yang lebih dikenal dengan sego goreng mawut ini merupakan makanan khas Malang berupa olahan nasi goreng yang dicampur dengan mie goreng dan bahan bahan lainnya. Sehingga membuat cita rasanya sangat menggoda dan memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. 


Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa Yang Populer,Wajib Coba !


  1. Tahu Lontong Loceng

Makanan khas Malang ini sudah ada sejak tahun 1935 dan masih esksis hingga saat ini. Dan menjadi salah satu kuliner khas legendaris di kota apel. Siraman bumbu kacangnya memiliki rasa manis kecap, gurih kacang, dan sedikit sambal petis tersebut terasa sangat menyatu dengan tahu dan juga telurnya yang digoreng dengan tingkat kematangan yang pas. 

Ciri khas lain dari tahu lontong lonceng ini adalah dalam satu piring tahu lontong dilengkapi dengan toge dalam jumlah yang lebih banyak, mentimun, kerupuk, dan disajikan tanpa kentang. 


  1. Rujak Cingur

Sesuai namanya, makanan khas Malang ini terbuat dari bahan dasar cingur atau irisan mulut sapi yang dimasak dengan cara direbus lalu diberi bumbu supaya semakin sedap aromanya. Sedangkan cara penyajiannya, dengan cara disusun dipiring lalu dicampur dengan sayur mayur, tahu, tempe, serta beberapa buah seperti mentimun dan nanas. 

Setelah itu, rujak disiram dengan bumbu petis yang kental dan khas, sehingga menciptakan cita rasa yang sangat nikmat. 

Ketujuh makanan enak khas Malang diatas wajib kamu coba ketika berlibur ke Kota Malang. Atau mungkin salah satunya ada yang pernah kamu cicipi? 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *