Manfaat Minum Air Kelapa Hijau Bagi Ibu Hamil

Manfaat Minum Air Kelapa Hijau Bagi Ibu Hamil

Matadjurnal.com – Pastinya kamu sering mendengar jika air kelapa hijau menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan termasuk ibu hamil juga dapat merasakan manfaatnya.

Tetapi disisi lain munculnya berbagai mitos kehamilan yang beredar ditengah masyarakat, sehingga menyebabkan ibu hamil lebih waspada selama masa kehamilannya.

Salah satu mitos yang beredar adalah jika air kelapa hijau berbahaya bagi ibu hamil.

Lalu benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi air kelapa hijau karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janinnya?

Padahal sebenarnya ibu hamil boleh mengkonsumsi air kelapa hijau karena dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan baginnya diantaranya yaitu:

1. Sebagai Antioksidan 

Manfaat air kelapa hijau yang pertama bagi ibu hamil adalah sebagai antioksidan. Saat semakin buruknya kondisi lingkungan, dimana polusi semakin memenuhi udara dimana mana, maka tubuh akan sangat memerlukan antioksidan.

Terlebih bagi ibu hamil maka antioksidan ini pastinya sangat penting untuknya. Antioksidan tidak hanya bisa didapatkan dari buah buahan saja tetapi bisa juga didapatkan dari air kelapa hijau.

Sehingga saat ibu hamil sedang bosan mengkonsumsi buah buahan, bisa mengkonsumsi air kelapa hijau untuk mendapatkan antioksidan.

2. Menjernihkan Air Ketuban

Ibu hamil juga bisa memanfaatkan air kelapa hijau ini jika ingin air ketubannya menjadi bersih dan jernih. Banyak ibu hamil percaya jika air kelapa hijau dapat membuat kulit bayi menjadi putih.

Padahal anggapan tersebut salah, karena sebenarnya air kelapa hijau ini membuat air ketuban menjadi bersih dan bukan kulit bayinya.

3. Menjaga Berat Badan Yang Sehat 

Karena air kelapa hijau bebas lemak dan rendah kalori sehingga bisa ibu hamil manfaatkan untuk menjaga berat badan yang sehat.

Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau maka akan dapat membantu mencegah penimbunan lemak dengan cara menghilangkan kolesterol jahat.

Air kelapa hijau ini tentunya bisa menjadi pengganti yang sangat baik untuk minuman gula. Selain itu air kelapa hijau juga bisa membantu ibu dan janin yang sedang tumbuh supaya tetap sehat dan bugar.

Baca juga: 10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil 

4. Mempercepat Pertumbuhan Janin 

Semua nutrisi yang terkandung didalam air kelapa hijau penting didalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Oleh karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan nutrisi yang tepat bagi ibu yang ada didalam kandungannya.

5. Meringankan Mulas Dan Sembelit 

Terjadinya perubahan hormonal selama masa kehamilan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sakit maag, sembelit, dan gangguan pencernaan.

Didalam air kelapa hijau adanya kandungan serat makanan yang kaya yang dapat membantu memperkuat system pencernaan, mengatur tingkat pH, dan mencegah konstipasi.

Air kelapa hijau juga menjadi pencahar yang sangat baik dan dapat meningkatkan metabolisme serta mendetoksifikasi tubuhmu. Karena air kelapa hijau merupakan penetral asam yang alami sehingga bisa mencegah mulas.

6. Meningkatkan Cairan Amniotic 

Dengan minum air kelapa hijau juga dapat meningkatkan kesehatan dan lingkungan janin ibu hamil secara keseluruhan. Minum air kelapa hijau terlebih di trimester ketiga dapat membantu meningkatkan tingkat cairan ketuban dan meningkatkan volume dan sirkulasi darah.

Oleh karena itu ibu hamil sangat dianjurkan untuk minum air kelapa hijau secara rutin sejak usia kehamilannya mencapai 6 bulan hingga saatnya melahirkan.

Selain itu masih ada manfaat air kelapa hijau lainnya bagi ibu hamil seperti dapat mencegah infeksi saluran kemih, mengurangi tubuh pegal, menjaga kesehatan system pencernaan, dan mencegah berbagai macam penyakit.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *