5 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Matadjurnal.com – Bagi masyarakat di Indonesia, pepaya merupakan buah sangat familar. Sehingga tidak heran kalau banyak pohon pepaya yang ditanam baik di kota maupun di desa.

Memiliki warna khas orange dengan rasa yang enak, membuat banyak orang yang menyukai buah satu ini.

Buah yang berasal dari daratan Amerika Selatan dan Meksiko ini tenyata juga memiliki bagian lain yang bisa dikonsumsi dan banyak manfaat, yakni daunnya.

Daun pepaya ini selain lezat kala dimasak, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Daun pepaya ini memang terkenal dengan rasanya yang pahit. Namun rasa pahit yang terkandung di dalam daun pepaya ini justru menyimpan banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Lalu apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan?Nah, dalam kesempatan kali ini akan coba mengulas tentang 5 manfaat daun pepaya untuk kesehatan sebagai berikut ini :

1. Menyembuhkan Tukak Lambung

Dalam hal ini, menurut hasil riset yang dipublikasikan The West Indian Medical Student. Manfaat dari daun pepaya ini adalah mampu meningkatkan aktvitas glutation peroksidase.

Glutation peroksidase ini merupakan salah satu jenis antioksidan penting yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Dan hasil studi obyek percobaan yang mengonsumsi daun pepaya ini menunjukkan kadar stres oksidatif yang lebih kecil sehingga bisa meminimalisir timbulnya tukak pada lambung. 

2. Mengatasi Jerawat

Semua orang di dunia ini terutama bagi kaum wanita, tentunya selalu menginginkan memiliki kulit wajah yang mulus dan bebas jerawat.

Jika anda ragu menggunakan produk masker wajah yang non alami, anda bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai bahan utama pembuatan masker wajah untuk menghilangkan jerawat.

Caranya adalah dengan menumbuk 2 lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya. Lalu campurkan air hangat pada tumbukan tersebut, kemudian oleskan pada muka yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit.

Lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal anda bisa mengulangi cara ini minimal 2-3 kali dalam seminggu.

3. Memperlancar ASI

Manfaat daun pepaya lainnya adalah untuk memperlancar ASI. Nah, bagi bunda yang sedang menyusui, memiliki ASI yang lancar tentunya merupakan kebahagiaan tersebdiri bagi bunda dan bayi.

Untuk memperlancar ASI ini, bunda bisa coba cara alami, yakni dengan memanfaatkan daun pepaya.

Caranya adalah dengan menggunakan 5 lembar daun pepaya yang diletakkan di atas api hingga layu, lalu tempelkan pada bagian payudara, kecuali pada puting saat masih hangat.

Baca juga: Resep Oseng Mercon Makanan Khas Bogor yang Pedas dan Nikmat

4. Meredakan Nyeri Haid Pada Wanita

Manfaat daun pepaya berikutnya adalah dapat meredakan nyeri haid pada wanita. Pada sebagian wanita, mengalami nyeri perut ketika haid merupakan hal yang wajar.

Akan tetapi, rasa nyeri yang seringkali timbul ini bisa membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Nah, kandungan daun pepaya yang rasanya pahit ini ternyata bisa meredakan nyeri saat menstruasi.

Caranya adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya mentah, air, asam jawa dan garam. Lalu minum ramuan ini dalam keadaan masih hangat.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan di dunia. Nah, untuk mencegah kanker, anda bisa memanfaatkan daun pepaya.

Pada batang daun pepaya ternyata mengandung getah putih seperti susu, getah inilah yang berpeluang dikembangkan sebagai zat antikanker.

Getah ini secara otomatis akan ikut terkonsumi saat anda  makan daun pepaya dalam hidangan apapun.

Baca juga: 10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *