Gunung Tertinggi di Korea Selatan, Berikut Fakta Gunung Halla yang Perlu Anda Tahu!

Gunung Tertinggi di Korea Selatan, Berikut Fakta Gunung Halla yang Perlu Anda Tahu!

Fakta Gunung Halla yang Merupakan Gunung Tertinggi di Korea Selatan

Gunung Tertinggi di Korea Selatan

Gunung tertinggi di Korea Selatan akan diungkap faktanya dalam pembahasan ini. Korea Selatan saat ini sangat dikenal karena kepopuleran budaya popnya yang sudah mendunia. Meskipun begitu, Korea Selatan juga memiliki pemandangan yang indah dan juga gunung tertinggi dengan pesona tersendiri.

Gunung tertinggi yang ada di Korea Selatan saat ini bernama Gunung Halla atau juga kerap disebut sebagai Gunung Hallasan. Ketinggian Gunung Halla ada di kisaran 1.950 meter dan di bagian lerengnya landai karena terbentuk dari Lava akibat aktivitas gunung vulkanik.

Nah, untuk mengetahui apa saja fakta tentang gunung yang satu ini, simak ulasannya di bawah ini.

1.     Lokasi Gunung Halla

Gunung Halla ini berada di Pulau Jeju yang juga merupakan pulau terbesar di Korea Selatan. Lokasinya sendiri ada di semenanjung Korea dan menjadi provinsi tunggal di Korea Selatan yang mempunyai otonomi khusus.

Bisa dikatakan Gunung Halla ini dijadikan landmark Pulau Jeju dan juga dinamakan sebagai Mt. Yeongjusan yang memiliki arti “gunung cukup tinggi yang dapat menarik galaksi”.

2.     Sering Dijadikan Tempat Penelitian

Selain dijadikan tempat wisata, Gunung Halla juga sering dijadikan objek penelitian dan sempat dijadikan taman nasional pada tahun 1970. Bahkan, gunung tertinggi di Korea Selatan ini juga terkenal di kalangan peneliti karena merupakan habitat dari berbagai flora dan fauna, khususnya spesies yang terancam punah.

Ada lebih dari 1800 jenis tumbuhan dan juga 4000 jenis binatang yang tinggal di Gunung Halla. Untuk binatang yang ada di di sana dominan oleh serangga hidup.

3.     Ditetapkan sebagai Taman Nasional

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Gunung Halla juga sudah ditetapkan sebagai Taman Nasional sejak tahun 1970 dan sangat dilindungi. Untuk alasan penelitian, para akademisi dan juga profesional mengunjungi gunung tersebut untuk meneliti flora, fauna, hingga bebatuan.

Untuk bisa menjelajahi kekayaan yang ada di gunung tersebut, pengunjung bisa menyusuri jalan yang sudah disediakan untuk bisa berjalan kaki.

4.     Ramah untuk Pendakian

Gunung Halla bisa dikatakan ramah untuk pengunjung yang ingin melakukan pendakian. Hal itu dikarenakan area jalan yang ada di sini kurang dari 10 km panjangnya sehingga sangat memungkinkan para pendaki naik dan turun gunung dalam sehari.

Meskipun begitu, kamu tetap harus waspada dengan adanya cuaca yang bisa sangat cepat berubah. Ditambah lagi, adanya angin kencang juga bisa membahayakan pengunjung saat mendaki Gunung Halla.

5.     Memiliki Kuil Buddhis

Di samping pemandangannya yang begitu indah, pada Gunung Halla ini terdapat sebuah kuil Buddhis. Bisa dikatakan, itu adalah kuil tertua yang ada di dalam Pulau jeju dan bernama Gwaneumsa.

Kuil tersebut dibangun pada masa Dinasti Goryeo dan sempat dimusnahkan bersamaan dengan kuil lainnya di Korea Selatan. Meskipun begitu, Kuil Gwaneumsa akhirnya dibangun kembali pada abad ke-20.

Di luar banguan Kuil Gwaneumsa, ada juga sebuah monumen sebagai peringatan korban pemberontakan di Jeju tahun 1948-1950.

6.     Mempunyai Danau

Salah satu daya tarik di Gunung Halla ini adalah memiliki danau yang bernama Baengnokdam. Makna dari nama tersebut adalah “kolam yang dihuni rusa putih” sebab saat itu banyak rusa yang tinggal di sekitar gunung. Akan tetapi, saat ini rusa-rusa tersebut sudah punah dan jenis mamalia yang masih ada di di Gunung Halla adalah jenis Roebuck.

Demikian fakta Gunung Halla yang merupakan gunung tertinggi di Korea Selatan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda.

Baca Juga: Wisata Pantai di Korea Selatan yang Cocok Dikunjungi saat Musim Panas Tiba

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *