Seni bela diri Pencak Silat tentu bukan hal asing di Indonesia. Jenis olahraga yang berasal jauh sebelum Indonesia ada telah menjadi bagian kehidupan masyarakat. Itulah mengapa ada banyak perguruan yang ada namun tidak pernah kekurangan anggota.

Kepopuleran seni bela diri ini, menjadi salah satu olahraga yang membanggakan. Yakni telah sering memberi gelar pada beragam pada beberapa olahraga, sepeti pada gelaran Asian Games binnggung dan event lainnya.


Manfaat Menekuni Pencak Silat

Sebagai olahraga juga seni bela diri, Pencak Silat memiliki banyak manfaat bagi yang menekuninya. Tentunya harus belajar dengan ahlinya atau senior untuk memastikan mendapat manfaat yang ada. Itulah mengapa bergabung dalam sebuah perguruan sangat penting.  

Selengkapnya, berikut beberapa manfaat menekuni pencak silat yang bisa Anda dapatkan:

  • Melindungi diri jika dalam bahaya

Pada dasarnya seni bela diri pencak silat bukan untuk menyerang, terbukti dengan gerakan pembukanya. Tidak ada gerakan pembuka untuk menyerang melainkan untuk menangkis. Namun dengan menguasai pencak silat, Anda bisa setidaknya melindungi diri sendiri jika mendapat serangan. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat .

  • Menjaga tubuh untuk selalu fit

Tubuhmu terus terjaga dalam kondisi fit. Tidak lepas dari aktivitas latihan fisik sepanjang waktu. Beruntungnya bahkan, disebutkan juga bahwa kegiatan fisik tersebut mampu menghindarkan orang penyakit kronis. Sama dengan kebanyakan olahraga yang membuat tubuh berkeringat dengan gerakan-gerakan khusus.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif

Manfaat dari seni bela diri pencak silat juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Hal tersebut dibuktikan secara ilmiah dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Sport and Health Science.” Sebanyak 86 partisipan penelitian adalah laki-laki dan perempuan usia 70-an dan dibagi dalam kelompok.

  • Melatih keseimbangan agar tidak mudah jatuh.

Gerakan-gerakan dalam latihan pencak silat membuat tubuh terbiasa untuk menjaga keseimbangan tubuh. Melatih keseimbangan ini baik untuk membuat tibuh tidak mudah takut. Bahkan dalam sebuah jurnal  “Journal of the American Geriatric Society” tahun 2016. Tubuh yang terluka. Karena tubuhnya sangat fix.

  • Memberi perlindungan dari gagal organ

Salah satu praktik latihan bela diri adalah latihan pernapasan. Latihan pernapasan tersebut ternyata terbukti telah membantu merawat organ dalam. Pada perkembangannya anggota pencak silat dilaporkan memiliki kualitas hidup, doyan makan dan pergerakan usus. Nantikan semua dalam waktu lebih lama.

  • Menjadi lebih lincah

Seperti telah disinggung sebelumnya, olahraga bela diri ini mengharuskan gerakan berulang-ulang. Gerakan tersebut yang membuat tubuh menjadi lebih lincah sehingga dapat bergerak cepat atau lambat. Selain itu, stamina juga menjadi lebih terjaga karena mau tidak mau terus bergerak membutuhkan stamina yang tinggi. Ada yang mengatakan bela diri sebenarnya adalah gabungan dari senam, olahraga berat, dan lainnya.

  • Mendapat bentuk tubuh yang ideal

Jika Anda memiliki target untuk membentuk tubuh ideal, pencak silat dapat menjadi olahraga yang membantu. Karena gerakan silat membuat seluruh tubuh bergerak yang membuat tubuh membakar lemak dan kalori jika selama berlatih. Bahkan jika menginginkan bagaimana cara untuk melempar membakar lemak.

Itu dia manfaat mengikuti seni bela diri pencak silat. Tinggal pilih perguruan silat mana yang Anda inginkan dan sesuai. Ada banyak perguruan silat, pilihlah yang paling sesuai. Tidak ada salahnya melakukan survei untuk mendapat perguruan yang paling sesuai. Dengan demikian dapat lebih mudah untuk belajar ilmu bela diri itu sendiri.

Baca juga: IDN App: Kini User Tidak Ketinggalan Berita Viral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *