6 Makanan Khas Jawa Yang Populer,Wajib Coba !

6 Makanan Khas Jawa Yang Populer,Wajib Coba !


6 Makanan Khas Jawa Yang Populer

matadjurnal.com – Rasanya kurang afdhol jika anda berkunjung ke beberapa daerah di Provinsi Jawa Tengan, Daerah Istimewa Yogyakarta, maupun Jawa Timur jika belum mencicipi makanan tradisionalnya. Lalu apa saja makanan khas Jawa? Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan coba membahas tentang makanan tradisional khas Jawa sebagai berikut ini :

1. Oseng Mercon

Makanan khas Jawa populer yang pertama adalah Oseng Mercon. Makanan ini merupakan tumisan tetelan daging sapi dengan bumbu cukup pedas. Selain itu, biasanya tetelan ini juga disertai dengan campuran koyor atau lemak daging sapi. Makanan khas Jawa asal Yogyakarta ini sangat cocok bagi anda para penikmat kuliner dengan citarasa yang pedas.

2. Yangko

Makanan khas Jawa berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan untuk dicicipi maupun dijadikan oleh-oleh saat mengunjungi Kota Jogja adalah Yangko. Makanan oleh – oleh Khas Jogja ini biasanya dijual di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang bervariasi. Yangko ini memiliki bentuk khas yang tidak pernah berubah sejak dulu, yakni berbentuk kotak dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Selain itu, makanan ini memiliki rasa yang manis dan sedikit gurih, karena ditaburi dengan tepung khas yang menjadi ciri khas dari Yangko ini.

3. Geplak

Perlu diketahui bahwa kue Geplak ini merupakan salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Dimana, kue ini terbuat dari adonan kelapa parut, tepung, dan gula yang kemudian diolah sehingga menghasilkan makanan dengan rasa manis dan lezat. Selain itu, Kue Geplak ini memiliki bentuk yang khas yakni bulat-bulat kecil serta tampilan yang berwarna-warni sehingga lebih menarik dan membuat orang penasaran serta tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini.

4. Tempe Mendol

Makanan khas Jawa lainnya yang wajib anda coba adalah Tempe Mendol. Mendol ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe kedelai yang berbentuk blok (mendol). Biasanya tempe mendol ini disajikan sebagai lauk atau bisa dimakan langsung sebagai menu utama. Selain itu, makanan tradisional dari Malang ini memiliki tekstur yang lebih padat. Untuk bisa menikmati Tempe Mendol ini anda bisa mencarinya di penjual pecel. Pada umumnya penjual nasi pecel juga menyuguhkan tempe mendol ini sebagai pelengkap. 

5. Lumpia Hok Lay

Pada saat berkeliling di daerah pusat jantung kota Malang, maka sempatkanlah untuk menikmati lumpia khas Hok Lay. Selain itu, jangan lewatkan sajian Pangsit Cwimie yang disajikan dengan pangsit renyah, daging ayam, bawang goreng dan daun bawang. Untuk sebagai penutup, anda bisa memesan minuman Fosco, yang merupapakan resep lama dari jaman Belanda yang disajikan dalam botol Coca-Cola, yakni berupa campuran cokelat dan susu yang creamy.

6. Lumpia Semarang

Makanan khas Jawa populer yang terakhir adalah Lumpia Semarang. Apabila anda jalan-jalan ke kota Semarang, maka tidak ada salahnya untuk coba mencicipi makanan tradisional Jawa yang satu ini. Lumpia ini terbuat dari lapisan gandum sebagai kulitnya yang berisi sayuran dan campuran daging dan ayam. Namun, biasanya Lumpia Semarang ini berisi sayur rebung. Biasanya Lumpia Semarang ini juga memiliki dua jenis, yakni lumpia kering dan lumpia basah. Perbedaan dari lumpia kering dan lumpia basah ini hanya terletak pada kulit lapisan gandumnya saja. 

Itulah 6 makanan khas Jawa populer yang bisa anda coba cicipi saat berkunjung ke Jawa Tengah, Yogyakarta, Maupun Jawa Timur. Semoga tulisan ini ada guna dan manfaatnya. 

Baca Juga : 6 MAKANAN TRADISIONAL KHAS JAWA, DIJAMIN ENAK!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *