Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Efektif dan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Efektif dan Alami

Matadjurnal.com – Sama halnya seperti bekas luka jerawat, bekas luka bakar juga kerap meninggalkan noda hitam yang tentu saja dapat merusak penampilan.

Ya, terlebih jika bekas luka bakar tersebut tepat berada di area wajah, sehingga secara otomatis penampilan kita menjadi kurang sedap untuk dipandang.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips alami mengenai cara menghilangkan bekas luka bakar. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Lidah Buaya

Tips alami pertama yang ampuh untuk menghilangkan bekas luka bakar, yakni dengan menggunakan lidah buaya.

Pasalnya, tanaman yang satu ini mempunyai sifat anti-inflamasi sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan pembaruan sel kulit yang baru. Bukan hanya itu saja, getahnya juga dapat membantu dalam menenangkan kulit yang mengalami iritasi.

Mengenai caranya, siapkan 1 batang tanaman lidah buaya, keluarkan getahnya, lalu campirkan dengan air mawar sambil diaduk agar tercampur rata.

Oleskan ramuan tersebut pada area kulitmu yang ada bekas luka bakarnya, susul dengan pijatan ringan, dan diamkan kurang lebih sekitar 10 – 15 menitan.

Setelah itu, bilas kembali dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara in sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. Menggunakan Kunyit & Susu

Selain lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan campuran kunyit dan susu untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Berdasarkan dari hasil penelitian, kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi dan antiseptic yang efektif untuk mengikis noda akibat luka bakar dalam waktu singkat.

Siapkan 2 sdm susu murni dan 1 sendok teh air perasan kunyit, dampurkan keduanya, dan aduk-aduk agar tercampur rata. Aplikasikan ramuannya pada kulit bekas luka bakar tersebut, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas kembali dengan air sampai bersih.

3. Menggunakan Yoghurt & Putih Telur

Baik yoghurt maupun putih telur, kedua bahan alami ini memang kaya akan kandungan vitamin dan protein sehingga sangat bagus untuk kesehatan kulit, termasuk dalam menghilangkan bekas luka bakar.

Siapkan 1 cup yoghurt dan 1 putih telur, masukkan kedua bahan tersebut dalam satu wadah, dan aduk-aduk hingga tercampur rata.

Aplikasikan maskernya pada area kulit yang terdapat bekas luka bakar, diamkan sampai kering, kemudian cuci kembali dengan air hingga bersih.

Baca juga: Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Harus Kalian Ketahui

4. Bawang Merah & Lavender

Perlu kalian ketahui, bawang merah ini mempunyai kandungan sulphur dan quercetin yang bisa membantu menghilangkan bekas luka bakar yang membandel dengan efektif.

Sedangkan lavender mempunyai sifat antiseptic, yang berfungsi untuk menenangkan kulit yang terbakar dan teriritasi.

Siapkan 1 butir bawang merah, kupas kulitnya, tumbuk sampai hancur, dan sisihkan kedalam mangkuk. Campurkan dengan sedikit minyak esensial lavender, kemudian aduk-aduk agar tercampur rata.

Celupkan kapas atau cottonbud pada larutan tersebut, oleskan pada kulit bekas luka bakar, dan diamkan selama 5 menit saja. Setelah itu, bilas kembali area kulit tadi dengan air sampai bersih.

5. Menggunakan Kentang

Tips alami berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas luka bakar, yaitu dengan menggunakan kentang.

Sediakan 1 butir kentang, rebus hingga matang, kupas kulitnya, dan potong menjadi dua bagian. Gossokan salah satu potongan kentang tersebut pada area bekas luka bakarnya, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas kembali dengan air sampai bersih.

Itulah cara menghilangkan bekas luka bakar dengan efektif dan alami. Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

Baca juga: 5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *